Kesiapsiagaan Bencana, Tagana Bangka Bersama Relawan Peduli Bangsa Lakukan Aksi Bersih Pantai

by
Tagana Bangka bersama Relawan Peduli Bangsa melakukan aksi bersih-bersih dipantai Matras,Kelurahan Matras Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (31/10)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Dalam rangka kesiapsiagaan bencana, Tim Tagana Kabupaten Bangka bersama Relawan Peduli Bangsa (RPB) melakukan aksi bersih-bersih di area pantai Matras, Kelurahan Matras Sungailiat,Sabtu (31/10).

Sebelumnya, Tim Tagana Bangka bersama Tim Relawan terlebih dahulu melaksanakan apel bersama guna mendapat beberapa arahan dari masing-masing Koordinator.

Pada kesempatan tersebut, Koordinator Tim Tagana Bangka, Rustam mengatakan pada apel kesiapsiagaan bencana dipantai Matras kali ini dengan melakukan aksi bersih-bersih pantai dan tidak hanya fokus pada suatu bencana saja, melainkan kegiatan sosial.

“Jadi Tim Tagana itu tidak hanya fokus pada kebencanaan saja,namun Kita juga ikut peduli kemanusiaan dan peduli akan kelestarian lingkungan alam,” katanya saat diwawancarai sejumlah Wartawan disela-sela aksi bersih, Sabtu (31/10).

Selain itu, terkait kesiapsiagaan bencana diperlukan kesiapsiagaan semua jajaran baik Pemerintah, Swasta, Relawan, maupun elemen masyarakat dalam upaya pengurangan risiko bencana.

“Seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat, haruslah tanggap terhadap ancaman bencana. Jadi bukan hanya saat terjadi tanggap darurat bencana saja, tetapi juga pada pra bencana dan pascabencana,” ujar Rustam.

Sementara itu, Koordinator Relawan Peduli Bangsa (RPB), Budi Firmansyah merespon baik akan kegiatan aksi bersih-bersih pantai ini. Dimana kegiatan aksi bersih ini merupakan kegiatan apel bulanan dari Tim Tagana Bangka.

“Kegiatan aksi bersih pantai ini termasuk prihal kemanusiaan dengan menjaga, merawat lingkungan alam dan sumber daya manusia. Dan kegiatan ini dari Relawan sendiri diikuti Mahasiswa Stisipol Pahlawan 12 serta Komunitas lainnya,” ujar Budi Firmansyah. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *