Kenalkan Hukum Sejak Dini, Melalui Lomba Cerdas Cermat

by

PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu menilai Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA,SMK Se-Babel yang diselenggarakan oleh Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung (Kejati Babel) sangatlah tepat. Pasalnya, bukan hanya memperkenalkan para pelajar tentang hukum, tetapi juga dapat memberikan dorongan bagi siswa agar dapat bersekolah dengan baik.

Hal itu disampaikan oleh Pj Gubernur Babel, Suganda dalam arahannya saat membuka kegiatan Lomba Cerdas Cermat yang diselengarakan oleh Kejati Babel, yang berlangsung di GOR Sahabuddin, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa ( 18/07/23 ).
“Kondisi kita cukup memprihatinkan dari angka pendidikan, kita yang masih di angka 8,11 jadi rata-rata anak-anak kita, masyarakat kita baru dapat menyelesaikan sekolah ditingkat sekolah menengah ,” ujar Pj Suganda.

Untuk itu dirinya mengharapkan melalui kegiatan seperti ini, dapat memberikan motivasi kepada siswa agar dapat bersekolah lebih tinggi lagi.

“Pendidikan adalah modal sosial yang tidak akan hilang oleh apapun, sehingga pendidikan sangat penting bagi seseorang ke depannya,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini pula, Pj Gubernur Babel Suganda menyampaikan terkait masalah penanganan stunting di Babel yang cukup tinggi serta pencegahan pernikahan usia dini, karena salah satu penyebab stunting akibat pernikahan dibawah umur.

Orang nomor satu di Babel itu berharap, kegiatan seperti ini dapat mendorong para siswa untuk lebih giat belajar sehingga generasi mendatang lebih baik lagi.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kep. Babel Asep Maryono menuturkan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 dan HUT XXIII Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2023.

“Dari 33 provinsi yang menyelenggarakan hari Bhakti Adhyaksa, hanya Kejati Babel yang menyelenggarakan acara cerdas cermat tingkat provinsi. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini terus berlanjut dalam rangka mendorong para siswa untuk belajar lebih baik,” ujar Kejati.

Lomba cerdas cermat salah satu program Kejaksaan Agung RI dan jajaran Korps Adhyaksa di seluruh Indonesia, yang bertujuan memberikan pengenalan dan pembinaan hukum sejak dini sehingga generasi mendatang taat hukum.

” Saya berharap lomba cerdas cermat akan mampu memberikan kontribusi dalam menguatkan kualitas sumber daya manusia di Babel dan para insan di Kejati, yang tentunya akan bermanfaat dalam menciptakan semangat dan budaya kerja yang sangat dan kuat,” tegas Kejati Babel

Penulis: Hasan.A.M
Fotografer: Nimrot
Editor: Lulus Wijaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.