Kembangkan Budaya Gemar Membaca, Lomba Bercerita Tingkat SD Se-Kabupaten Resmi Dibuka

by
Sekda Bangka Bukakan Lomba bercerita tingkat SD Se-Kabupaten diruang pertemuan Hotel Novila Sungailiat, Selasa (23/03)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Pemerintah Daerah melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka membuka secara resmi lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD) Se- Kabupaten Bangka berlangsung di ruangan pertemuan Hotel Novila Sungailiat, selasa (23/03).

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka, Drs.Andi Hudirman mengingatkan pelaksanaan perlombaan bercerita ini harus mematuhi dan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) covid-19 dan janganlah di abaikan.

“Lomba bercerita ini merupakan salah satu upaya mengembangkan budaya dalam gemar membaca,terutama di kalangan anak-anak. Dengan tujuan menumbuhkan gemar minat dan gemar membaca melalui berbagai bacaan dan media serta menanam cinta terhadap budaya bangsa,” katanya.

Dikatakannya, membaca sangatlah penting diterapkan pada anak-anak untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta menumbuhkan kesadaran kegemaran membaca pada anak-anak sejak usia dini.

“Apalagi proses belajar mengajar di sekolah pada situasi pandemi covid-19 ini sudah lama dilakukan secara daring (online) dan tentunya membaca itu sudah lama tidak dilakukan,” ujarnya.

Selain itu, Undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan menyebutkan bahwa upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembudayaan kegemaran membaca dapat dilakukan melalui 3 jalur.

“Diantaranya keluarga yang difasilitasi pemerintah dan pemerintah daerah, melalui buku murah dan berkualitas. Satuan pendidikan dengan mengembangkan, memanfaatkan perpustakaan sebagai proses pembelajaran. Point ketiga yakni penyediaan sarana perpustakaan di tempat umum yang mudah dijangkau, murah dan bermutu,” tuturnya

Lebih lanjut katanya,salah satu upaya pembudayaan kegemaran membaca tersebut, yakni dengan menyelenggarakan lomba seperti ini. Dengan mencari tema di masa kekinian,seperti melawan covid-19 dan sebagainya.

“Semoga peserta yang tampil dapat mempersiapkan diri untuk perlombaan ini. Dan selamat mengikuti perlombaan, tentunya sukses dengan keberhasilan yang baik pula,” harap Sekda Bangka.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka, Mina Tarmizi mengatakan perlombaan bercerita ini ada 16 peserta yang ikut dari 8 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka. Pelaksanaannya selama 3 hari dari tanggal 23 – 25 Maret 2021. Bertujuan untuk menumbuh serta mengembangkan budaya akan gemar membaca pada anak-anak.

“Pada lomba bercerita tersebut mendapat manfaat sebagai media menanamkan cinta kebudayaan bangsa, membangun pendidikan berkarakter, meningkatkan kecerdasan, inovasi serta daya kompetitif bangsa,” katanya.(Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *