Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup 2020 Bakal Digelar, IPSI Bangka Bukakan Penataran Wasit Juri dan Pelatih

by
Foto bersama pembukaan penataran wasit juri dan pelatih pencak silat di Mess Pemkab Bangka,Sungailiat Jumat (13/11) malam

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Menghadapi kejuaraan pencak silat Bupati Cup tahun 2020, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Cabang Kabupaten Bangka membuka kegiatan penataran wasit juri dan pelatih pencak silat berlangsung di Mess Pemda Sungailiat, Jumat (13/11) malam.

Pada kesempatan tersebut, Ketua panitia kegiatan, Budianto mengatakan kegiatan penataran wasit juri dan pelatih pencak silat dilaksanakan selama 2 hari yakni pada tanggal 13 sampai 17 November 2020 di Mess Pemkab Bangka Sungailiat.

“Dengan diikuti 25 peserta sebagai wasit juri yang berasal dari 12 perguruan pencak silat. Berikutnya 19 peserta sebagai pelatih yang berasal dari 10 perguruan pencak silat,” ungkap Budianto saat membaca laporan kegiatan, Jumat (13/11) malam.

Dikesempatan yang sama sekaligus pembuka kegiatan, Wakil KONI Bangka, Cristian Siregar mengapresiasi kegiatan pencak silat ini,sehingga bisa terlaksana dimasa Pandemi covid-19. Apalagi olahraga pencak silat di Kabupaten Bangka ini pernah duduk peringkat 2 POPDA tahun kemarin.

“Dengan penataran wasit juri dan pelatih pencak silat ini,diharapkan dapat meningkatkan atlit silat yang berprestasi. Seperti yang diharapkan Pemerintah Daerah dan tentunya tidak hanya ditingkat daerah saja,melainkan berprestasi ditingkat nasional. Sehingga kegiatan yang diselengarakan IPSI ini dapat melahirkan wasit juri dan pelatih yang handal, netral dan profesional,” katanya Wakil Ketua Koni Bangka, Cristian Siregar.

Sementara itu, Ketua IPSI Kabupaten Bangka, Herlan Hadisusanto mengatakan kegiatan penataran ini guna mencari wasit juri yang handal,menekuni, netral dan amanah serta pelatih bersertifikat dan berprestasi. Dengan tujuan untuk menciptakan, menjaring dan menseleksi dari Cabang Olahraga (Cabor) atlit pencak silat.

“Dimana olahraga pencak silat merupakan budaya bangsa Indonesia dan salah satu Cabor yang sering menjuarai pada event ternament,baik ditingkat Provinsi,” katanya.

Selain itu, Cabang Olahraga (Cabor) pencak silat di kejuaraan PORPROF kemarin mendapat juara umum dengan perolehan 7 medali emas. Dan prestasi pencak silat Bangka di POPDA Babel yang diselengarakan di Bangka Selatan (Basel) atlit menyumbangkan 4 piala emas sekaligus menjuarai Cabor pencak silat di POPDA.

“Jadi olahraga pencak silat ini akan Kita tindak lanjuti pada 25 November 2020 nanti dengan kejuaraan pencak silat Bupati Cup tahun 2020. Dan ajang penataran wasit juri dan pelatih ini akan bertugas sebagai wasit juri yang handal, netral dan amanah dikegiatan kejuaraan tersebut nantinya,” ujar Ketua IPSI Bangka, Herlan Hadisusanto. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *