Kehadiran KIP di Perairan Matras Berikan Dampak Positif

by
Pertemuan perwakilan masyarakat Matras dan Sinarjaya di Caffee Kawamua Sungailat, Kabupaten Bangka, Jumat (20/11) sore.

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Kehadiran Kapal Isap Produksi (KIP) mitra PT Timah tbk diperairan Matras Sungailiat, Kabupaten Bangka kali ini memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama di dua Kelurahan Matras dan Sinarjaya.

Kuasa Hukum dua Kelurahan Matras dan Sinarjaya, Budiono SH mengakui memang beberapa hari sebelumnya banyak berita negatif tentang kehadiran KIP Diperairan Laut Matras. Namun dibakik itu KIP memberikan dampak positif bagi masyarakat. Seperti yang diketahui KIP sudah berjalan kurang lebih 1 Minggu ini bahkan sudah ada KIP yang bongkar hasil perdana.

“Tentunya masyarakat Matras dan Sinarjaya mendukung berjalannya KIP. Karena yang bekerja itu dari PT Timah melalui mitra nya dan tempat yang dilakukan penambangan KIP ini sudah masuk IUP PT Timah tbk. Bahkan sudah ditetapkan zona tambang dari Provinsi Babel,” katanya yang didampingi perwakilan masyarakat Matras, Sinarjaya dan mitra PT Timah saat jumpa pers di caffe Kawamua Sungailiat, Jumat (20/11) sore.

Selain itu, KIP ini artinya jelas bukannya samar-samar ataupun barang ilegal. Begitu pun juga kompensasi yang dilakukan PT Timah tbk terhadap masyarakat, semuanya jelas dan terkoordinir sesuai dengan keinginan masyarakat.

“Seperti KIP yang melakukan pembongkaran, disitu terlihat dua masyarakat dari Kelurahan Matras dan Sinarjaya sangat antusias melakukan pembongkaran. Nah’ hal ini artinya masyarakat sangatlah terbantukan. Jadi masalah pro dan kontra KIP itu sah-sah saja didalam melakukan pertambangan,” ujarnya.

Begitu pula, salah satu warga Kelurahan Matras, Fit mengatakan kehadiran KIP tentunya sangat membantu perekonomian daerah, terutama dimasa pandemi covid-19 ini.

“Seperti pembongkaran muat KIP diikuti sekitar 160 orang dan dari jumlah itu pula,dipungkas lagi mengingat faktor umur. Dan mereka yang sudah lanjut umur, Kita perdayakan untuk menjaga kendaraan kawan-kawan diparkiran. Jadi antusias masyarakat terlihat akan dampak positif kehadiran KIP ini,” katanya.

Sementara itu, perwakilan mitra PT Timah tbk, Erwin meminta dukungan masyarakat agar KIP dapat berjalan maksimal. Karena PT Timah tbk itu milik BUMN dan KIP tersebut legal, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi Negara dan Daerah.

“Mitra akan selalu merangkul masyarakat dan tidak pernah menolak. Dan Kami akan selalu melakukan pendekatan secara persuasif dengan masyarakat,” singkat Erwin. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *