Kapasitas 60 Ton Per Jam, Bupati Bangka Resmikan Pabrik Kelapa Sawit PT MAS

by
Bupati Bangka, Mulkan SH,MH didampingi Wakil Bupati Bangka, Syahbudin S.IP meresmikan pabrik baru kelapa sawit PT MAS Desa Labu, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka, Jumat (05/03)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Dengan kapasitas 60 ton per jam, Bupati Bangka bersama rombongan meresmikan pabrik baru kelapa sawit PT. Mitra Agro Sembada (MAS) bertempatkan di Desa Labu, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka, Jumat (05/03).

Dalam sambutannya, Bupati Bangka, Mulkan SH,MH mengapersiasi PT MAS untuk membuka pabrik kelapa sawit dan berinvestasi diwilayah Kabupaten Bangka ini. Dan tentunya pembukaan pabrik baru ini dapat mendorong dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama para petani kelapa sawit di Desa ini.

“Sehingga tidak ada lagi ke khawatiran masyarakat ataupun para petani akan hasil panen buah kelapa sawit nya tidak dibeli. Dan tentunya keberadaan pabrik baru PT MAS ini akan menampung seluruh Tandan Buah Sawit (TBS) masyarakat maupun para petani,” katanya.

Dengan itu pula, Bupati Bangka berharap PT MAS dapat memberikan suatu dorongan akan pertumbuhan perekonomian dan berkontribusi bagi masyarakat. Baik itu suport maupun CSR nya.

“Dengan banyaknya pihak yang berinvestasi diwilayah Kabupaten Bangka ini, tentunya dapat menekan angka pengganguran dan menurunkan kemiskinan,” ujar Bupati Bangka, Mulkan

Demikian itu, Direktur Utama PT MAS, Anen Chandra Tjen mengatakan pihaknya sudah bekerjasama dengan Bumdes, Gapoktan setempat untuk menerima tandan buah sawit (TBS) mayarakat ataupun petani yang nantinya dikirimkan ke pabrik PT MAS.

“Harga Tandan Buah Sawit (TBS) saat ini berkisar Rp 2.100 per kilogram (Kg) dengan kapastitas pabrik 60 ton per jam,” katanya.

Dikatakannya, pihaknya bersama Pemerintah Daerah akan mewujudkan perekonomian daerah yang berdaya saing dan berkelanjutan.

“Sehingga kedepan dapat bersinergi mensukseskan pembangunan diwilayah Kabupaten Bangka ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Babel, Juaidi mengatakan pabrik baru PT MAS ini tidak memiliki kebun inti. Dan ini menjadi bagian penting untuk menjawab permasalahan yang dihadapi petani mandiri.

“Nah’ dengan adanya pabrik baru inilah, pihak petani tidak perlu khawatir lagi akan penjualan hasil panen kebunnya, karena pabrik baru PT MAS ini akan menampungnya,” katanya

Selain itu,pabrik baru PT MAS ini merupakan pabrik kelapa sawit yang ke 17 di Babel yang membeli TBS masyarakat ataupun petani. Dan ini tentunya membuka peluang bagi para petani kelapa sawit untuk mengembangkan perkebunan nya.

“Jadi semakin banyak pabrik yang ada di Babel ini akan semakin menjamin pasar dan kepastian harga hasil panen petani akan semakin jelas,” ujarnya.

Dihadiri Wakil Bupati Bangka, Syahbudin S.IP, Anggota DPRD Bangka Komisi II, Kapolsek Puding Besar, Dandim,Wakil Ketua TP PKK Bangka, Kepala OPD Pemkab Bangka, Camat, Kades dan Gapoktan Desa Labu. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *