Kabupaten Bangka Sediakan Rapid Test Gratis Sebanyak 9.800 kali

by
Juru Bicara Gugus Tugas Siaga Darurat Bencana Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Guna menjaga supaya Kabupaten Bangka berada diposisi zona aman dari covid-19, Kabupaten Bangka menyediakan rapid test gratis sebanyak 9800 orang dengan anggaran lebih kurang mencapai Rp 1,3 Milyar.

“Jadi masyarakat Kabupaten Bangka yang memang membutuhkan rapid test gratis ini tentunya sangat terbantukan,seperti pelajar/mahasiswa yang hendak keluar Pulau Bangka serta orang sakit ataupun pendamping orang sakit,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Siaga Darurat Bencana Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra melalui voice whatsapp, Rabu (08/07) sore.

Selain itu, rapid test gratis ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang berekonomi lemah mulai dari pembuka usaha dan juga para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sedang bertugas keluar daerah Pulau Bangka.

“Rapid test gratis dibuka dari 02 Juli sampai saat ini 08 Juli 2020 sudah memanfaatkan masyarakat sebanyak 437 orang. Dengan perincian pelajar ataupun mahasiswa, masyarakat umum dan ASN yang memang melakukan kunjungan keluar daerah Pulau Bangka,” ujarnya.

Dikatakannya, pelaksanaan rapid test gratis Kabupaten Bangka ini bedasarkan SK Nomor 188.45/914/BPBD/2020 tentang pelaksanaan rapid test covid-19 gratis bagi masyarakat di Kabupaten Bangka. Pelaksanaan rapid test gratis ini juga merupakan suatu upaya untuk membantu Tim Kesehatan guna mempercepat memutus mata rantai daripada penyebaran covid-19 ini.

” Rapid test gratis diberikan dengan catatan membawa surat keterangan domisili,surat jalan dari Kelurahan/Desa dan memberikan nota tugas kepada Kalakar BPBD Bangka. Kalau ia pelajar/mahasiswa cukup membawa KTP dan Kartu pelajar,
Kalau ia pegawai maka surat tugas harus ditunjukan kepada Kalakar BPBD Bangka dan pelaksanaan rapid test akan diteruskan ke RSUD Depati Bahrin Sungailiat,” jelasnya

Lebih lanjut, saat ini di Kabupaten Bangka yang terkonfirmasi positif covid-19 berjumlah 58 orang dan yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 57 orang. Posisi satu orang yang terkonfirmasi positif yakni diwilayah Kecamatan Sungailiat dan Kecamatan lainnya diposisi zona aman.

“Marilah Kita tingkatkan kesadaran untuk berdisiplin akan protokol kesehatan dari covid-19 dengan selalu jaga jarak,wajib memakai masker ketika hendak keluar rumah ataupun berpergian. Cuci tangan dengan sabun mengunakan air mengalir baik sebelum maupun sesudah melakukan aktifitas,” imbau Boy. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.