Jelang UTBK-SBMPTN 2021, Siswa Berdatangan Cek Lokasi Ujian di Kampus Terpadu UBB

by

MERAWANG, DEMOKRASIBABEL.COM – H-2 pusat lokasi penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Universitas Bangka Belitung (UBB) didatangi para peserta yang akan menggikuti test yang menjadi syarat mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), pada Sabtu (10/4/2021) siang.

UBB telah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk kelancaran pelaksanaan test UTBK, baik dari kesiapan perangkat komputer, denah lokasi dan penunjuk arah, spanduk dan x banner terkait pencegahan covid-19, tempat cuci tanggan disetiap gedung pelaksaaan test UTBK, serta melibatkan Tenaga Kesehatan dari RSUD Provinsi, serta Tim Satgas Gugus Covid dari Provinsi dan Kabupaten Bangka pada saat pelaksanan test pada tanggal 12 April 2021.

Mengingat Provinsi Bangka Belitung merupakan daerah kepulauan yang terdiri dari dua pulau terpisah, UBB menggandeng SMKN 1 Tanjungpandang sebagai mitra tempat penyelenggaraan test UTBK-SBMPTN 2021 khususnya di pulau Belitung. Hal ini bertujuan untuk mengakomudir siswa SLTA yang berada di daerah Belitung agar tidak perlu jauh-jauh datang untuk mengikuti tes UTBK apalagi dimasa pandemi saat ini.

Hingga saat ini, panitia Penerima Mahasiswa Baru (PMB) UBB mencatat total sebanyak 3.453 peserta yang akan mengikuti tes UTBK-SBMPTN di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bertempat di dua lokasi yang berbeda. Lokasi pertama bertempat di Kampus Terpadu UBB sebanyak 2.782 peserta, dan lokasi kedua bertempat di SMKN 1 Tanjungpandan Belitung sebanyak 671 peserta.

Perlengkapan yang wajib dibawa peserta saat mengikuti UTBK diantaranya, Kartu Tanda Peserta yang telah dicetak, Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi atau Surat Keterangan duduk di kelas 12 asli yang ditandatangi Kepala Sekolah dan ber stampel asli, serta berisi nama siswa, NISN, NPSN, dan pasfoto terbaru (tiga bulan terakhir), wajib memakai masker, serta berpakaian sopan/pantas dan tidak diperkenankan memakai sandal dan kaos oblong. 

Diimbau juga bagi para peserta UTBK-SBMPTN 2021 dapat melakukan pengecekan waktu pelaksanaan ujian, serta lokasi UTBK sebelum H-1 dan tetap mematuhi protokol kesehatan baik pada saat meninjau lokasi test maupun pada saat pelaksanaan UTBK.

Selain itu batas keterlambatan bagi peserta 30 menit sejak ujian dimulai, setelah 30 menit dengan alasan apapun peserta tidak diperbolehkan mengikuti ujian, dan apabila peserta diketahui melakukan kecurangan maka akan di diskualifikasi. 

Tahun ini, kuota UBB menerima mahasiswa baru S1 reguler khususnya melalui jalur SBMPTN Tahun 2021 sebanyak 625 calon mahasiswa. Panitia PBM UBB berharap dalam pelaksanaan test nanti, dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukses. (Ags/Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *