Jelang Lebaran, Kebutuhan Daging Sapi dan Ayam Di Kabupaten Bangka Cukup Tersedia

by
Kadis Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, Elius Gani

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Menjelang hari lebaran Idul Fitri 1442 Hijiriah, kebutuhan daging sapi potong dan daging ayam di Kabupaten Bangka cukup tersedia.

“Kebutuhan daging sapi diperlukan sekitar 13 ribu kilogram (kg) atau sebanyak 62 ekor sapi potong. Saat ini juga sudah tersedia kurang lebih 25 ekor sapi dan dilanjutkan besok lusa akan berdatangan lagi hingga 65 ekor sapi. Artinya kebutuhan daging di Kabupaten Bangka ini cukup tersedia,” kata Kepala Dinas (Kadis) Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, Elius Gani saat diwawancarai sejumlah Wartawan, Sabtu (08/05).

Dikatakannya, sapi potong berasal dari bermacam-macam daerah, seperti ada berasal dari Madura, lokal dan lintas daerah seperti dari Pangkalpinang ke Kabupaten. Dan di satu lokasi, pemasok bisa antar lokasi serta saling suplai antar pedagang.

“Bedasarkan surat Gubernur Provinsi Babel, untuk Harga Eceran Tertinggi (HET) pada daging sapi berkisar Rp 135 ribu per kilogram (kg). Dan untuk daging ayam utuh Rp 35 ribu dan daging ayam yang sudah bersih sekitar Rp 40 ribu per kilogram nya,” ungkapnya.

Mengenai adanya pedagang daging yang menjual di atas HET, dalam waktu dekat ini tim Provinsi Babel bersama Tim Kota/Kabupaten akan melakukan operasi pasar nantinya.

“Untuk kesehatan hewan potong, petugas kesehatan hewan bersama Dinas Pangan Pertanian Bangka akan melakukan pemantauan, seperti ditempat pemotongan, penampungan dan peternakan. Dan untuk temuan pada hewan potong yang sakit, sampai saat ini belum ada temuan,” ujar Kadis Pangan dan Pertanian Bangka, Elius Gani. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.