Ini Yang Disampaikan Bupati Bangka, Sebelum Workshop Aparatur Desa Se-Kabupaten Ditutup

by
Bupati Bangka, Mulkan SH,MH didampingi Kadinpemdes, Thony Mazda memberikan piagam penghargaan kepada BPD secara simbolis di Ballroom Aurora, Tanjung Pesona Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (19/09)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Usai sudah Kegiatan workshop bagi Aparatur Desa Se-Kabupaten Bangka yang dibuka resmi oleh Wakil Bupati Bangka, Syahbudin S.IP di Ballroom Aurora Tanjung Pesona Sungailiat, Selasa (15/09) dan kini resmi pula ditutup oleh Bupati Bangka, Mulkan SH,MH, Sabtu (19/09).

Sebelum itu, Dalam sambutannya, Bupati Bangka, Mulkan SH,MH mengatakan kegiatan workshop bagi aparatur Desa ini merupakan salah satu bentuk sinergitas untuk menjaga keharmonisan, terutama dalam bekerjasama dalam perencanaan pembangunan di Desa.

“Dalam membahas kinerja perencanaan pembangunan Desa, tentunya Kita harus saling bertukar informasi dan saling sependapat. Serta saling singkron baik dari Pemerintah Daerah maupun dari Pemerintah Desa nya,” katanya

Selain itu, kegiatan workshop ini juga salah satu sinergitas untuk mensinkronisasikan terkait akan kegiatan program Pemerintah Daerah terhadap perencanaan di Desa. Dengan adanya sinkronisasi ini, supaya perencanaan pembangunan di Desa tidak terjadi double dengan program Pemerintah Daerah.

“Dengan kegiatan workshop ini, tentunya akan meningkatkan pemahaman, ilmu pengetahuan terkait perencanaan, pelaksanaan maupun pertanggungjawaban terhadap pembangunan di Desa, terutama pada pengelolaan keuangan Desa. Karena pembangunan itu harus tertib administrasi dan transparan. Sebab dana yang dikelolah itu bukan dana pribadi, namun dana dari Pemerintah Desa dan Daerah,” jelasnya.

Dikatakannya, seberapa pun besarnya dana perencanaan terhadap pembangunan yang akan dikeluarkan itu haruslah dipertanggungjawabkan secara akuntable. Apalagi ada beberapa Desa yang penyerapan anggaran nya masih dibawah 60 persen. Nah, dengan workshop inilah tentunya diharapkan dapat meningkatkan kapasitas akan ketinggalan dan meningkatkan prestasi pada Desa nya.

“Jadi Kepala Desa bersama dengan BPD nya dapat saling bertukar informasi dalam perencanaan pembangunan di Desa nya. Dan dapat mengembangkan serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terutama di Desa. Karena Desa sangat banyak memiliki potensi-potensi sumber daya. Nah’ kalau Desa nya maju,otomatis akan dapat meningkatkan pendapatan Desa nya,” harap Bupati Mulkan. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *