Ingin Lestarikan Kesenial Lokal, Pemkot Pangkalpinang Libatkan Generasi Muda

by

PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan selalu melibatkan generasi muda untuk melestarikan kesenian lokal yang ada di daerah itu.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Pangkalpinang, Suparyono, Selasa, mengatakan dengan melibatkan generasi muda, diharapkan dapat mengenal dan menumbuhkan kecintaan mereka terhadap budaya lokal.

“Mudah-mudahan kita terus bisa melestarikan nilai budaya lokal, kearifan lokal yang selama ini tidak asing lagi, misalnya kesenian dambus dan sampai hari ini tetap kita lestarikan bersama,” katanya.

Ia mengatakan, pada hari ini Dinas Pendidikan melakukan kegiatan terkait seni dan budaya lokal, yang nantinya akan terus berlanjut agar semakin berkembang dan tidak pudar sampai kapanpun.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menggugah semangat dan motivasi kita dalam upaya menggali, melestarikan dan menerapkan nilai-nilai budaya yang hidup, tumbuh serta berkembang dalam kehidupan masyarakat Pangkalpinang,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi mengatakan kesenian dambus kedepannya akan dimasukkan ke muatan lokal dengan tujuan peserta didik bisa mengenal kesenian tradisional daerah itu.

“Dambus ini perlu dilestarikan, salah satunya dengan memasukkan ke dalam muatan lokal sehingga peserta didik bisa mengenal kesenian tersebut sejak dini yang selanjutnya bisa disampaikan kepada masyarakat,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *