Ingin Ciptakan Pilkada Jurdil, Bawaslu Basel Sosialisasi dan Ingatkan Warga Pongok

by

TOBOALI, DEMOKRASIBABEL.COM – Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Kepulauan Pongok bersama Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan gelar Forum Komunikasi Warga di Desa Pongok  dengan mengusung tema “mengawal  Pilkada Kabupaten Bangka Selatan yang Jujur dan Adil ditengah Pandemi Covid-19, Kamis (17/09) malam. 

ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan, Sahirin mengatakan dalam sambutannya bawaslu menyampaikan peraturan agar masyarakat paham dimana hak dan dimana kewajibannya, mudah mudahan dengan pertemuan ini masyarakat  tidak salah dalam menghadapi masa kampanye nanti, kalau pilihan itu urusan bapak/ ibu dengan yang maha kuasa yang tahu, Tapi kami sebagai pengawas pemilu menyampaikan peraturan peraturan yang berlaku kepada masyarakat dan juga calon. 

“Beda pilihan dukungan itu biasa, tapi jangan sampai karena beda pilihan merusak tatanan persaudaraan yang telah kita bangun dan jaga selama ini, untuk itu, mari kita jaga Pilkada ini selalu sejuk dan damaI,” ujarnya.

Selain itu, Sahirin menegaskan kepada warga di sana untuk tidak tergiur dengan rezeki 5 Tahunan, untuk tidak memiiih hanya berdasarkan uang, karena perlu kami beri tahu bahwa pemberi dan penerima politik uang akan terancam pidana pemilu jika ditemui dan ada yang melaporkan bahwa ada warga yang bermain politik uang, dan sesuai UU No 10 Tahun 2016 Bawaslu mau tidak mau akan menindak lanjuti laporan tersebut.

Selain itu, Dirinya juga mengingatkan kepada warga pongok bahwa pelaksanaan pemungutan suara yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 Desember 2020 nanti sangat memperhatikan Protokol Kesehatan sesuai Undang-undang yang berlaku dan diharapkan kepada warga untuk mentaati protokol kesehatan minimal mencuci tangan dan memakai masker selama proses pemungutan suara di TPS. 

Sementara itu, Ketua Panwas Kecamatan Kepulauan Pongok, Dhimas Alhamda Kurniawan menyampaikan harapan kedepannya kecamatan kepulauan pongok bisa menjadi contoh seperti seyognya sebagai pulau pemilu, yang partisipasi pemilihnya paling tinggi.

“Untuk itu saya berharap mayarakat kepulauan pongok menjadi masyarakat yang jujur dan adil dalam memilih pemimpin dan untuk selalu tetap tolak politik uang. 

Kemudian, Unsur Kecamatan Kepulauan Pongok yang turut hadir dalam kegiatan Forum Warga, Sukamto menjelaskan kita harus memperkuat sistem pemerintahan yang demokratis, jadi kita harus memperkuat sistem kepemiliuan di daerah kita, kalau kita kuat insyallah pemilu kita akan baik.

Selanjutnya Sukamto mengajak masyarakat untuk memilih pemimpin yang berintegritas, jangan memilih pemimpin itu berdasarkan uang.(dya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *