Ibrahim : Keterbatasan Fasilitas dan Anggaran Menjadi Tantangan Dalam Pengambangan Kampus

by
Rektor Universitas Bangka Belitung, Ibrahim (Istimewah)

PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Rektor Universitas Bangka Belitung, Ibrahim mengatakan sebagai kampus baru, keterbatasan fasilitas dan anggaran memang menjadi tantangan tersendiri dalam pengembangan kampus tersebut.

Ia mengatakan, penerimaan dana UBB setiap tahun yang sumbernya dari UKT dan kerjasama hanya mendukung lebih kurang sepertiga dari total kebutuhan anggaran setiap tahunnya, selebihnya alokasi dari pusat.

“Tapi tentu kita ingin agar fasilitas kampus semakin meningkat. Alhamdulillah, pencermatan dan efisiensi terus dilakukan. Insha Allah rektorat dan gerbang di sayap Balunijuk secara perlahan dan bertahap mulai dikerjakan,” katanya.

Selain itu, Auditorium yang beberapa tahun terakhir berdiri kalem di balik semak-semak kini gagah menampakkan diri menunggu sentuhan lanjutan.

“Kita sudah berkomunikasi dengan pemerintah pusat untuk mendorong agar diberikan atensi dan kita akan terus mengawalnya. Kita juga berkomunikasi kembali dengan PUPR untuk kebutuhan asrama mahasiswa,” katanya.

Sementara, sekretariat Ormawa sedang disiapkan menjadi kawasan terpadu untuk aktivitas mahasiswa. Penguatan fasilitas pengamanan juga kita dorong. Penambahan CCTV dan portal gerbang direncanakan segera dilaksanakan.

“Tim Telaah Master Plan UBB sedang memulai kerjanya, disana perencanaan pemanfaatan ruang akan ditata kembali, termasuk mimpi mengatur klaster khusus perkuliahan, perkantoran, taman, lahan praktikum, lahan produksi, dan kawasan konservasi,” katanya.

Dari sisi pembelajaran, Universitas sendiri sedang menyusun rancangan pembelajaran untuk semester ganjil dengan berorientasi daring.

“Kita ikut keputusan Dikti yang masih memberlakukan daring untuk mencegah kampus menjadi klaster baru penyebaran covid. Masukan dari pada dosen dan mahasiswa sedang digodok dalam formula yang lebih humanis dan terstandard sama,” ujarnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *