Harga Karet Basah di Kabupaten Bangka Turun, Karet Kering Masih Bertahan

by
Foto : istimewah

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Harga karet basah di Kabupaten Bangka turun Rp 1.000 per kilogram (kg) dan turunnya harga karet ini sudah terjadi sejak satu bulan lalu.

“Sebelumnya per kilogram (kg) Rp 8.000 dan kini turun menjadi Rp 7.000. Dan harga tersebut untuk karet basah,” kata Subhan Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka kepada Wartawan di Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat, Senin (26/04).

Sedangkan, untuk harga per kilogram (kg) karet kering saat ini masih bertahan di Rp 12.000. Dan untuk sebab penurunan harga karet Basah tersebut, mungkin lebih kepada pasar.

“Berbeda untuk komoditi perkebunan lainnya, seperti Lada masih bertahan Rp 90.000 per kilogram (kg). Harga ini jelas masih di syukuri petani lantaran sebelumnya harga lada terus merosot,” ujarnya.

Selain itu, perbaikan harga juga terjadi pada kelapa sawit kisaran Rp 1.900 sampai Rp 2.100. Dan ini merupakan sebuah proses yang sudah mulai tampak. Namun naik turun nya harga komoditas pertanian merupakan hal yang sudah biasa, sehingga petani harus pandai menyikapinya.

“Fluktuasi harga selalu terjadi, namun bagaimana kita menyikapinya. Dengan komitmen pemerintah yang terus membantu sarana prasana, menjadi peluang besar bagi masyarakat khususnya petani untuk fokus,” katanya. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *