GOR Dilahan Eks Tambang 23 Sungailiat Telah Diresmikan dan Siap Dimanfaatkan

by
Deputi IV, Chandra Bhakti didampingi Bupati Bangka, Wabup dan Ketua DPRD Bangka saat memukul Gong pertanda diresmikannya Gor "Sang Depati" dilahan eks tambang 23, Kelurahan Surya Timur Sungailiat, Kabupaten Bangka, Selasa (29/09)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Gedung Olahraga (GOR) “Sang Depati” yang berdiri dilahan eks tambang 23 tepatnya di Kampung Kimhin, Kelurahan Surya Timur, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka akhirnya diresmikan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga melalui Deputi IV bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Selasa (29/09).

Mengawali peresmian Gor, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kabupaten Bangka, Drs Asep Setiawan menyampaikan didirikan Gor “Sang Depati” dilahan eks tambang 23 ini, karena banyak terjangkau pada sekolah,baik ditingkat SD maupun ditingkat SMP.

“Dilahan eks tambang 23 ini seluas kurang lebih 26 hektar dan akan dikhususkan untuk pengembangan olahraga. Dan didalam Gor ini terdapat 6 cabang lapangan olahraga,” katanya saat memberi sambutan awal peresmian.

Selain itu, disamping Gor “Sang Depati” ini nantinya juga akan direncanakan dengan tempat olahraga pemanahan bahkan akan dibangunkan Perumahan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat setempat.

“Memang peresmian Gor “Sang Depati” ini sebelumnya sempat tertunda pada 11 Maret 2020 lalu. Namun pada saat itu sedang merebaknya wabah covid-19 dan hari inilah peresmian Gor yang sesungguhnya,” ujar Kadisparbud Bangka, Asep Setiawan.

Dikesempatan yang sama, Bupati Bangka, Mulkan SH,MH mengatakan berdirinya Gor “Sang Depati” ini bentuk sinergitas Pemerintah Provinsi maupun Forkopimda Bangka, sehingga mulai hari ini Gor sudah siap dimanfaatkan.

“Seperti berdirinya Gor inilah yang bisa Kita perbuat dan berikan, sekaligus akan dikenang masyarakat. Karena kalau Kita mau meningkatkan prestasi olahraga itu,tentunya Kita harus mempersiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung. Nah’ dengan adanya Gor inilah nantinya akan menciptakan prestasi olahraga di Kabupaten Bangka ini,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya Gor ini dapat menambah sarana olahraga dan meningkatkan prestasi olahraga di Kabupaten Bangka ini.
Untuk itu diharapkan semua elemen dapat menjaga, merawat serta memanfaatkan Gor ini dengan sebaik-baiknya.

“Gor “Sang Depati” ini akan dijaga standby oleh petugas. pada malam hari dijaga sebanyak 3 orang dan dibantu dari anggota Satpol PP Bangka. Jadi semua aset sarana Pemkab Bangka akan ditempatkan masing-masing personil penjagaan,” kata Bupati Mulkan.

Sementara itu,dalam sambutannya,
Menteri Pemuda dan Olahraga melalui Deputi IV bidang peningkatan prestasi olahraga, Drs.Chandra Bhakti mengatakan Gor ini dibiayai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan sub bidang olahraga. Dan penyedia Gor ini tentunya harus mempersiapkan semua peralatan pada cabang olahraga yang terdapat didalam Gor.

“Nah’ untuk mencapai prestasi olahraga yang baik, seperti jangka pendek yang sudah ada itu tetap Kita dibina kan. Dan untuk jangka panjang dilakukan pembinaan pada usia dini,” katanya.

Selain itu, Gor didirikan bertujuan supaya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh kalangan masyarakat. Dan membangun kebugaran tubuh maupun latihan, bahkan membangun suatu prestasi olahraga yang lebih baik. Sehingga Gor dapat berkontribusi bagi prestasi olahraga ditingkat nasional maupun internasional.

“Jadi sesungguhnya suatu Negara yang kuat itu minimal mempunyai tiga faktor diantaranya ekonomi yang maju, keamanan memberikan jaminan pada masyarakat dan olahraga nya yang jaya. Karena hanya ada dua di Republik Indonesia yang mampu menyanyikan dan mengibarkan Bendera Merah Putih,yakni Presiden RI dan atlit olahraga ketika mendapat juara dalam meraih medali emas,” ujar Deputi IV, Chandra Bhakti. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *