Dukung Program Vaksinasi Pemerintah, Dinkes Bangka Ambil Kebijakan

by
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka mengambil kebijakan bahwa seluruh Tenaga Kesehatan (Nakes) diwajibkan harus mendukung suksesnya program vaksinasi covid-19 dari Pemerintah Pusat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti saat ditemui sejumlah Wartawan diruang kerjanya, Selasa (02/02).

Dikatakannya, kalau Tenaga Kesehatan (Nakes) sendiri tidak memberikan contoh akan vaksinasi covid-19, bagaimana Kita mau menyakinkan masyarakat secara luas. Kecuali Nakes yang ditunda atau yang dibatal, seperti hamil, menyusui, alergi obat, penyakit komorbit dan sebagainya.

“Karena Tenaga Kesehatan (Nakes) itu pelayanan secara langsung, maka Nakes haruslah mendukung program vaksinasi Pemerintah. Karena kalau menyebabkan angka kematian terpapar covid-19, angka Nakes kematian yang muncul,” katanya.

Diakuinya, hingga saat ini jumlah angka kematian Nakes terpapar covid-19 di Kabupaten Bangka syukurlah belum ada. Untuk hal tersebut, Kita tentunya menjaga agar vaksinasi tersebut guna menjaga kekebalan tubuh dan melindungi Kita dari penularan wabah covid-19.

“Hingga saat ini belum ada sangsi lebih lanjut bagi Nakes yang tidak mau di vaksinasi, akan tetapi Kami tetap mengedukasi nya. Dari data saat ini, sudah banyak Nakes yang sudah di vaksinasi dan rata-rata yang ditunda kebanyakan adanya penyakit hipertensi, DM. Dan diperkirakan sekitar masih seribuan Nakes yang berkomorbit ditambah dengan yang hamil dan menyusui,” tuturnya.

Disamping itu, ada dua kreteria kalau Nakes tersebut hamil dan menyusui, otomatis vaksinasi dibatalkan. Namun, kalau Nakes tersebut hipertensi harusnya bisa di vaksinasi dengan cara minum obat secara teratur.

“Jadi penekanan dari Kami, seluruh Tenaga Kesehatan (Nakes) wajib menjaga diri nya sendiri. Kalau ia (Nakes) memang hipertensi,maka wajib diobati, sehingga dapat di vaksinasi,” ujar Kadinkes Bangka,Then Suyanti. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.