Dua Tahun Kerja Nyata Bangka Setara, Dilanda Corona Tetap Terus Berkarya

by
Bupati Bangka, Mulkan SH,MH (tengah) didampingi Kadinkes Bangka, Then Suyanti (kiri) saat menyerahkan mobil Puskesmas keliling (pusling) dihalaman kantor Bupati Bangka

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Tak terasa sudah menginjak angka ke dua tahun kepemimpinan Mulkan Syahbudin dengan tag line “Bangka Setara Nyaman Bersama” tepat pada 27 September 2020.

Dimana pada tahun kedua ini, kepemimpinan pasangan Mulkan- Syahbudin yang diusung PDI- Perjuangan dan PKPI serta didukung berbagai Partai Politik (Parpol) ini menunjukkan adanya geliat pembangunan meski pembangunan sempat stagnan dikarenakan merebaknya virus Corona (covid-19).

Beberapa pencapaian dibidang pembangunan merupakan torehan terbaik sepanjang sejarah kepemimpinan sebelumnya yakni diraihnya penghargaan Perancangan Pembangunan Daerah (PPD) Terbaik se-Indonesia dengan urutan kedua.

Didapuknya, Bupati Kabupaten Bangka, Mulkan SH,MH sebagai pembicara kiat-kiat dalam pembangunan daerah tingkat nasional. Setelah Temanggung merupakan tanda pembangunan di Kabupaten Bangka yang mengalahkan Kabupaten lain di Indonesia setelah Temanggung.

Keberhasilan pembangunan tingkat nasional ini merupakan rangkaian torehan diberbagai prestasi dan indikator pembangunan yang baik. Seperti ditunjukkan dengan menurunnya angka pengangguran dari 4,12 persen ke angka 3,80 persen. Menurunnya angka stunting serta menurunnya angka kemiskinan dari 5,47 menjadi 4,92 persen. Dan Indeks angka kepatuhan terhadap pelayanan publik berada pada zona hijau.

Selain itu, Pembangunan di bidang sumber daya manusia pun ikut meningkat dengan berbagai inovasi yang dikembangkan dengan penerapan kedisiplinan pegawai menggunakan absensi sidik jari dan penerapan sistem Si Nasip ASN. Dimana aplikasi terpadu yang dipakai mengenai sistem informasi pegawai yang dulu dilakukan secara manual, kini bisa dilakukan hanya dengan mengklik aplikasi yang berisikan seluruh dokumen riwayat kepegawaian seorang ASN.

Disamping itu, dalam bidang administrasi pemerintahan, Pemkab Bangka menorehkan prestasi dari angka Sakip dari nilai B menjadi BB. Dan didalam bidang pembangunan fisik, beberapa ruas jalan dibangun hingga ke tingkat lingkungan dan pedesaan. Seperti Jembatan yang tadinya rusak ataupun belum ada jembatan,kini berangsur sudah dibenahi dan dibangunkan.

Demikian pula, dengan perumahan dan permukiman yang disupport dari program Kotaku yang menyulap perumahan nelayan menuju kawasan bebas kumuh dengan diresmikannya Rusunawa berikut fasilitas penunjang seperti tower air.

Seperti diawal tahun torehan prestasi diberikan dalam bidang keuangan berupa julukan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI perwakilan provinsi Bangka Belitung. Dan Prestasi ini didapat sejak awal tahun kepemimpinan pasangan Mulkan – Syahbudin.
Reward yang didapat pun berupa kunci untuk mendapatkan tambahan Dana Insentif Daerah (DID) yang akan digelontorkan di tahun 2021.

Kemudian, dibidang pendidikan, melanjutkan pembangunan SMPN 5 Kace Kecamatan Mendobarat yang sudah digunakan. Dan penciptaan lagu Jinggel Bangka Setara untuk dijadikan tambahan mulok bagi siswa siswi didik SD sampai SMP. Yang sekaligus juga melestarikan budaya Kabupaten Bangka dimana seluruh jinggel diiringi alat musik Kabupaten Bangka.

Selanjutnya, di bidang pertanian dan Perkebunan, dimenangkan nya TOP Inovasi Abangtimah untuk budisa. yakni lahan bekas tambang untuk budidaya padi sawah yang dijadikan studi tiru LIPI dan IPB Bogor dalam pemanfaatan lahan tidur dan lahan Kritis yang diberdayakan kembali.

Bidang Kerohanian, sosial dan keagamaan. Meningkatnya aktivitas mengaji di setiap mesjid dengan program Magrib Mengaji, hibah mesjid, bantuan kepada yang tertimpa musibah dan program seribu berkah dimana, para ASN di Kabupaten Bangka diberikan kesempatan untuk beramal dengan menyumbangkan dari gaji bulanannya per hari Rp 1000 rupiah untuk masyarakat kabupaten Bangka yang kekurangan dan menderita sakit.

Sebagian dari program Corona (covid-19) yang banyak dicurahkan ke Dinas Kesehatan pun dibangunkan, seperti ruang isolasi untuk pasien Corona di RSUD Depati Bahrin Sungailiat, ambulance serta pembelian masker,APD dan fasilitas lain untuk penanggulangan Corona di Kabupaten Bangka.

Sementara, dibidang pariwisata, yang sedang menunjukkan pelemahan dampak Corona didongkrak dengan memprogramkan “Gowes Bangka Setara” yang telah menyasar pada tempat-tempat wisata dengan protokol kesehatan yakni berolahraga dengan bersepeda dan berjalan kaki mengeskplore wisata alam di Kabupaten Bangka.

Berikutnya pula, telah dibangunkan puksesmas Pariwisata yang merupakan gabungan pembangunan antara kesehatan dengan pariwisata dimana nantinya akan diisi fasilitas berbasis pariwisata lokal yakni pijat dan corner jamu.

Dengan menjaga kelestarian lingkungan, maka disulaplah Hutan Kota Sungailiat menjadi tempat jogging sekaligus habitat tumbuhan endemik Kabupaten Bangka. Dan menginovasi pengenalan tanaman serta mengabadikan nama tumbuhan dengan memberi barcode disetiap tumbuhan yang ada di Hutan Kota Sungailiat.

Selain itu, dengan program Jumat bersih yang diadakan memutar di berbagai lokasi diwilayah Kabupaten Bangka untuk tetap menjaga lingkungan di kabupaten Bangka supaya tetap bersih. Demikian menyangga dibidang olahraga agar atlet Kabupaten Bangka lebih berprestasi, maka dibangunkan GOR yang akan dilengkapi berbagai fasilitas penunjang.

Dengan berbagai torehan prestasi tersebut, puncaknya, Bupati Bangka, Mulkan SH,MH diberikan kesempatan sebagai pembicara skala nasional dalam berbagi ilmu untuk pengembangan daerah.

Dikesempatan itu pula, Bupati Bangka, Mulkan SH,MH dihadapkan dengan kurang lebih partisipan webinar, melalui zoom dan YouTube, serta kurang lebih 1000 orang dari berbagai pemda, perguruan tinggi dan stakeholder pembangunan lainnya peserta webiner dan share YouTube untuk memaparkan beberapa keberhasilan Kabupaten Bangka kurun dua tahun terakhir yang diselenggarakan Bapennas dengan tajuk berbagi kiat-kiat sukses membangun daerah.

Untuk mensupport geliat perekonomian, dibuat dan diperdakan satu BUMD dengan plat Perusahaan Perumda dan berubahnya PDAM menjadi Perumda yang dinyatakan sehat dan tidak merugi serta mendapatkan penghargaan dari pusat masuk dalam 50 jajaran Perumda air minum yang sehat.

Sebagai sinergitas dengan pihak swasta, diajak pula perusahaan swasta untuk menyalurkan CSR nya dalam bentuk bantuan Sembako dan bentuk lain dalam penanganan Corona untuk membantu masyarakat.

Seluruh pencapain tersebut adalah hasil dari kerja keras,sinergitas lima pilar pembangunan. Kepemimpinan dibawah Bangka Setara menunjukkan progres pembangunan meningkat.

Kedepan dan ditahun tahun berikutnya, Bupati Bangka dan wakilnya beserta jajaran dengan berbagai inovasi renja yang masif dan teratur akan terus berkarya dan terus membangun ditengah terpaan kondisi Covid 19.

Makan ketupat suasana lebaran
Alunan takbir berkumandang di udara
Mari bersama gerakkan pembangunan
Untuk sejahteranya masyarakat Bangka Setara. (Adv/Kominfotik Bangka/Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *