DPD PDIP Babel Gelar Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar

by

PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Dewan Pengurus Daerah (DPD) I Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar Kebangsaan yang diikuti siswa-siswi SMP se-Pulau Bangka Tahun 2021 bertempat di Kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (20/11). 

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Anggota DPR RI Rudianto Tjen dan juga Krisdayanti.

Ketua DPD I PDIP Bangka Belitung Didit Srigusjaya mengatakan dari total 148 SMP di Pulau Bangka, tercatat ada 103 SMP yang mengutus siswanya mengikuti kegiatan tersebut.

“Pesertanya luar biasa dan ini membuktikan bahwa banyak generasi muda kita mencintai negara dan keragaman Indonesia,” ujar Didit dalam sambutannya.

Menurut Didit, ada alasan mengapa pihaknya menggelar cerdas cermat bagi siswa. Hal tersebut, kata dia, dilatarbelakangi adanya budaya dan produk luar masih dianggap menjadi kebanggaan bagi banyak kalangan.

“Hal ini menjadi catatan penting. Kami menyadari bahwa tugas menjaga NKRI, keanekaragaman, bukan hanya tugas TNI polri tapi juga semua komponen bangsa, termasuk PDIP. Menjaga ideologi Pancasila tidak bisa ditawar lagi. Kepada siswa bukan kejar kemenangan saja tapi pemahaman tentang 4 pilar kebangsaan itu yang lebih penting,” ujar dia.

Anggota Fraksi PDIP Krisdayanti memuji antusias dan semangat luar biasa para siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Dia menyebutkan bahwa hal itu membuktikan para generasi muda bisa dibanggakan.

“Adik-adik pahami tentang ideologi Pancasila dan UUD 45 serta bisa menjaga keberagaman Indonesia. Lomba cerdas cermat modal dasar menanam cinta tanah air agar tidak terprovokasi dan tidak terpecah belah,” ujar dia.

Krisdayanti menambahkan pihaknya mengajak agar pelajar dapat menggunakan sosial media sebaik mungkin dan bisa menyaring semua informasi yang didapat. Hal tersebut penting, karena menurutnya kebenaran informasi di sosial media sangat tipis dan cenderung memecah belah.

“Terus sebarkan semangat dengan ikut menggerakkan temannya untuk cinta tanah air usai mengikuti kegiatan ini. Semangat jadi juara dan bekal jadi kebanggaan di masa depan. Jadilah anak muda yang keren. Jadi anak muda yang mempersatukan bukan memecah belah,” ujar dia.

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen mengatakan Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar ini merupakan program nasional, dan program tersebut sudah mulai dijalankan di Indonesia. 

“Kegiatan ini digelar agar para pelajar betul-betul mempelajari filosofi negara dan dasar-dasar negara supaya mereka memahami bagaimana Indonesia dimerdekakan dan bagaimana Indonesia diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa ini untuk bisa menjadi negara RI,” ucapnya. 

Diakuinya bahwa belakangan ini sudah mulai terdengar suara-suara yang tidak menyetujui pancasila dan sebagainya. 

Oleh karena itu PDI P terus menjaga ideologi bangsa dan Undang Undang Dasar, karena Ideologi bangsa dan Undang Undang Dasar adalah untuk menjalankan pemerintahan. 

“Kita harapkan melalui kegiatan ini agar para pelajar cinta tanah air dan benar-benar menjadikan bangsa yang kuat dan tetap mempertahankan NKRI,” ujarnya. 

“kita ketahui bahwa ini bukan suatu perjuangan yang sederhana, tetapi ini sangat luar biasa,” sambungnya. 

Ia berpesan melalui momentum ini, agar para pelajar (anak-anak sekolah-red) bisa betul-betul menanamkan nilai nilai kebangsaan secara menggelora. 

“Kita tahu, para pelajar adalah harapan kita dimasa yang akan datang,” tutupnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.