Dongkrak UMKM, Wabup Bangka: Pemkab Siap Bersinergi Dengan Alfamart

by
Foto bersama Wakil Bupati Bangka, Syahbudin S.IP saat membuka pelatihan manajemen ritel modern bagi UMKM digedung Dharma Wanita Sungailiat, Rabu (11/11)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Guna meningkatkan produksi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka siap bersinergi dengan pihak Alfamart untuk meningkatkan sumber daya manusia yang kreatif bagi pelaku UMKM, sehingga produk UMKM dapat dikenal masyarakat luas.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Bangka, Syahbudin S.IP saat memberi sambutan dalam membuka kegiatan pelatihan manajemen ritel bagi UMKM berlangsung digedung Dharma Wanita Sungailiat, Kabupaten Bangka, Rabu (11/11).

Dikatakannya, UMKM merupakan pelaku bisnis bergerak diberbagai bidang usaha yang menyentuh kepentingan masyarakat terkait kebutuhan sehari-hari dan dapat memberikan kontribusi pada tingkat penyerapan tenaga kerja. Keterampilan dan kesungguhan UMKM menjadi modal utama dalam bekerja dan keterampilan tersebut dapat diperoleh seperti mengikuti pelatihan ritel modern ini.

“Mengikuti pelatihan ritel ini, tentunya menjadi penting dan besar harapan pelaku usaha dalam proses pemulihan sektor UMKM yang dapat ditinjau dari berbagai aspek,” katanya.

Wabup menyarakan, bagi pelaku UMKM yang sudah ataupun belum memiliki jaringan pasar, dapat memasukan produknya secara luas melalui Alfamart ini.

“Sehingga UMKM dalam sektor perdagangan perlu dilaksanakan sistem pelaksanaan ritel modern. Mulai dari pengadaan, penyediaan barang dan jenis barang yang akan dijual hingga pengelolaan keuangannya,” ujarnya.

Selain itu, bisnis ritel merupakan suatu aktivitas bisnis yang menjual barang-barang untuk memenuhi kebutuhan konsumen,seperti masyarakat dan keluarga. Dengan tujuan menarik perhatian pelanggan dan memenuhi kebutuhan barang-barang yang diperlukan dalam satu tempat.

“Sehingga para konsumen tidak perlu ketempat lainnya untuk mencari barang keperluannya dan ini tentunya dapat menghemat waktu. Jadi guna mendongkrak UMKM didaerah, terutama ditengah melemahnya perekonomian ini, Pemkab telah bekerjasama dengan usaha ritel modern yakni Alfamart untuk membantu memasarkan produk unggulan UMKM,” paparnya.

Wabup Bangka berpesan bagi seluruh peserta pelatihan manajemen ritel modern ini dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya,sehingga dapat mengembangkan pengetahuannya dan memanfaatkan media melalui pelatihannya.

” Sehingga dapat mendukung pengembangan kemandirian perekonomian didaerah. Mudah-mudahan apa yang telah diupayakan hari ini, tentunya dapat bermanfaat untuk Kita bersama. Nah kalau usaha maju, perekonomian maju, masyarakat tentunya sejahtera dan Bangka nyaman bersama,” tukas Wabup Bangka, Syahbudin S.IP.

Sementara itu, perwakilan dari Alfamart, Amirul mengatakan dengan pelatihan ini pelaku UMKM dapat belajar dari proses awal ataupun persiapan, proses manajemennya hingga berinteraksi dan tanya jawab, tentang bagaimana mekanisme hingga Pengelolah keuangannya.

“Materi yang akan diberikan yakni tips pengelolah usaha ritel dengan modern, mengatur persediaan stok barang, menata dan mensuplai barang produk UMKM,” katanya.

Selain itu, Kita juga mengajak para UMKM untuk menjadi mitra dan akan membantunya. Dan kegiatan pelatihan ini pun sejalan dengan perusahaan untuk menjadi jaringan distribusi ritel modern yang berinovasi pada pemberdayaan usaha kecil.

“Jadi intinya, Kita juga menginginkan warung tradisional dapat berkembang dan bersaing secara sehat dan modern. Sehingga dengan pelatihan ritel diberikan ini tentunya dapat memberikan nilai positif bagi pelaku UMKM dan pedagang tradisional,terutama di Kabupaten Bangka ini,” ujar Amirul. (Suyanto/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *