Dokter Hendri : Vaksinasi Itu Untuk Kekebalan Tubuh

by

PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Dokter Rumah Sakit Intan Medika Pangkalpinang, Hendri Jan mengatakan program vaksinasi itu sangat baik untuk kekebalan tubuh, sehingga masyarakat bisa menerima kebijakan dari  pemerintah untuk menyediakan vaksinasi dengan baik. 

“Kalau vaksinasi tidak dilakukan, maka tidak ada kekebalan untuk melawan virus Covid-19,” katanya saat menggelar  konferensi pers di Hotel Santika Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Babel, Sabtu (20/03). 

Selain itu kata Dia, kebijakan terkait vaksin tersebut sudah disampaikan Presiden RI bahwa vaksinasi tidak dikenakan biaya atau gratis. Di mana tahap pertama sudah dilakukan oleh pemerintah daerah setempat dan unsur pelayanan publik serta nantinya pada tahap ketiga menyasar pada masyarakat. 

Menurutnya komunikasi publik yang baik akan memberikan dampak keberanian masyarakat untuk melakukan penyuntikan vaksinasi pada tahap ketiga nantinya. 

“Efek usai vaksinasi itu ada, seperti selesai disuntik ia demam dan itu persentasinya hanya sedikit, dari 100 orang paling hanya 3 sampai 5 orang  yang mengalami demam, bukan sebaliknya. Jadi vaksinasi itu tidak negatif melainkan banyak positifnya. Dan juga ada yang sudah divaksinasi terpapar positif Covid-19, tetapi itu juga kecil persentasinya,” katanya. 

Dikatakannya, vaksinasi  Covid-19 itu protein virus atau virus yang dilemahkan, seperti kalau disuntik vaksin ini, tubuh pasien harus memiliki imun dan yang auto imun tidak boleh disuntik, karena tubuh pasien tidak berhasil meredam virus yang lemah yakni virus yang berkembang biak dalam tubuh. 

“Jenis vaksin hanya ada satu saja dan setelah selesai disuntik vaksin, maka sekitar 30 menit tidak langsung pulang dan harus diobservasi. Jadi kalau ada keluhan pada suntikan tersebut, tim akan menindaklanjutinya,” ujar dr  Hendri. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *