Dinkominfotik Bangka dan Wartawan Datangi Kantor Bahasa Babel

by
Dinkominfotik Bangka bersama Wartawan saat mendatangi Kantor Bahasa Babel, Kamis (07/12)

PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Bangka bersama sejumlah Wartawan/Media mendatangi Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung (Babel), Kamis (07/12/2023).

Kepala Bidang (Kabid) Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfotik Kabupaten Bangka, Fachrobi mengatakan kedatangan ini merupakan kunjungan sekaligus mendapatkan gambaran umum terkait dengan kaidah bahasa indonesia.

“Terutama bagi IKP dan Media mitra Pemkab Bangka untuk mengetahui tata bahasa. Sehingga dengan kunjungan ini akan mendapat rana terkait apa-apa saja yang bisa dijadikan tambahan untuk kedepannya,” kata Robi.

Menyambut baik kunjungan tersebut, Kepala Kantor Bahasa Babel, Irsan mengatakan baru pertama kalinya Media berkunjung di Kantor Bahasa Babel ini, dimana Wartawan/Media itu biasanya mencari berita.

“Peran media itu sangatlah penting untuk mengembangkan kosakata bahasa dalam penulisannya sehingga dapat dicerna. Dan kita ditugaskan untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan, pengembangan dan perlindungan bahasa dan sastra, baik itu bahasa dan sastra Indonesia maupun bahasa dan sastra daerah,” katanya.

Menurutnya, Wartawan/Media itu harus mempunyai kemampuan bahasa yang mempuni. Seperti kalimat langsung diubah sebagai kalimat tidak langsung dan itu bagaimana strateginya. Ada kata ganti yang harus diubah menjadi apa, dan itu setidak-tidaknya harus dipahami.

“Jadi kalau bahasa lisan itu haruslah diubah menjadi bahasa tulis, supaya mudah dicerna dan tidak mendua arti. Terkait dengan bahasa dan sastra, kami siap diajak komunikasi oleh Media Mitra Pemkab Bangka dan akan memberikan jawaban sesuai dengan pengetahuan,” ujarnya.

Selain itu, bahasa-bahasa daerah yang ada di Indonesia ini tentunya akan bermanfaat dan dapat digunakan berbagai instansi-instansi.

“Kantor Bahasa Babel juga sudah menyusun dua kamus bahasa daerah, yakni kamus bahasa Melayu Bangka dan kamus bahasa Melayu Belitung. Hingga kini pun kami terus melakukan pengumpulan kosakata yang ada di Provinsi Babel dan mudah-mudahan tahun depan kita akan menyelengarakan revitalisasi bahasa daerah yang akan ditujukan untuk generasi muda,” ungkap Irsan. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.