Dikabarkan KIP Kembali Masuk Perairan Matras Sungailiat, Nelayan Berkomitmen Tetap Menolak

by
Ilustrasi

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Mendapat informasi akan kembali masuknya Kapal Isap Produksi (KIP) ke perairan laut wilayah Matras Sungailiat, Kabupaten Bangka, kini nelayan Matras tetap berkomitmen menolak keberadaan KIP melakukan penambangan diperairan laut tersebut.

Mendapat informasi tersebut, Salah satu nelayan warga Matras, Kelurahan Matras Sungailiat, Iwan menyampaikan intinya Kami tetap menolak masuknya KIP. Karena upaya seperti petisi penolakan telah Kami sampaikan sebelumnya,baik dari PT Timah tbk, Gubernur Babel maupun kepada Pejabat Daerah lainnya.

“Jadi Kami tetap menolak masuknya KIP, karena menganggu wilayah tangkap para nelayan dan tentunya banyak merusak ekosistem di laut,” katanya.

Sejauh ini, belum ada pihak KIP maupun mitra nya yang melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat akan masuknya KIP ke perairan laut Matras.

“Kalau pun KIP tetap mau masuk juga, yah’ Kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankannya. Supaya perairan laut Matras dan sekitarnya tidak rusak akan beroperasinya KIP,” ujarnya.

Terkait akan diterjunkan pengawalan KIP memasuki perairan laut Matras, menurutnya itu sah-sah saja. Namun dengan penolakan para nelayan akan masuknya KIP ke perairan Matras tentunya tidaklah melanggar hukum. Dan secara hukum pula, Kami sudah melakukan penolakan dengan cara sesuai prosedur.

“Jadi Kami minta tolong, hargai petisi penolakan yang sudah disampaikan sebelumnya. Karena Kita ini bernegara demokrasi dan kira nya Negara dapat mendengar suara rakyat kecil ini yang sedang menjerit,” ujar Iwan. (Suyanto).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *