Dengan Hadirnya 8 Prodi Baru, Universitas Bangka Belitung Targetkan 2.000 Mahasiswa Baru

by
Foto : Rektor UBB, Ibarhim (Istimewah)

Pangkalpinang, Demokrasibabel.com – Dengan akan adanya delapan program studi (Prodi) baru yang dibuka untuk calon mahasiswa, maka tahun ini Universitas Bangka Belitung siap menerima 2.000 mahasiswa baru.

“Dengan adanya delapan prodi baru yang kita buka, kita menargetkan 2.000 mahasiswa baru bergabung dengan UBB,” kata Rektor Universitas Bangka Belitung, Ibrahim, di Pangkalpinang, Selasa (10/5).

Ibrahim mengatakan, delapan Prodi tersebut adalah S2 hukum, ilmu pertanian dan manajemen. Untuk S1 perencanaan kota, perikanan tangkap, teknologi manajemen dan arsitektur. Dan DIII Keperawatan, hasil migrasi UBB dan Akper.

“Prodi baru ini kita buka melalui jalur mandiri saja yang pendaftarannya dimulai bulan juni atau juli nanti. Dari 2.000 target kita, satu prodi baru kita siap menerima 30-50 mahasiswa,” ujarnya.

Ibrahim berharap, adanya Prodi baru ini melengkapi 28 Prodi yang ada di UBB, dimana saat ini jumlah mahasiswa UBB ada 5.877 mahasiswa. Dengan menargetkan 2.000 mahasiswa baru di tahun ini, maka dalam 2-3 tahun kedepan jumlah mahasiswa UBB dapat mencapai 10.000 orang.

Selain itu, dengan membuka prodi baru ini angka partisipasi kasar (APK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan semakin bagus, karena saat ini APK Babel hanya 23, yang artinya dari 17.000 siswa yang lulus SMA setiap tahunnya, yang melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi hanya 23 persen saja.

“Dengan demikian kita harap layanan siswa untuk mendapat pendidikan semakin baik dan APK kita semakin bagus, karena saat ini jumlah siswa lulus SMA yang melanjutkan ke Universitas itu hanya 23 persen saja, sedangkan sisanya tidak melanjutkan kuliah, karena faktor biaya dan Prodi yang tidak ada,” ujarnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.