Dari 415 Kabupaten Se Indonesia, Pemkab Bangka Raih Penghargaan PPD Terbaik Nasional

by
Kabupaten Bangka raih PPD terbaik Nasional yang diserahkan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo secara virtual, Selasa (04/05)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Pemerintah Kabupaten Bangka kembali meraih penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik di tingkat nasional dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Dimana,Kabupaten Bangka berhasil mengalahkan 415 Kabupaten lain Se-Indonesia dan penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo secara virtual, Selasa (4/5/2021).

Penghargaan ini merupakan kedua kalinya Kabupaten Bangka masuk dalam nominasi tiga besar tingkat nasional dalam penghargaan PPD. Sebelumnya pada tahun 2020 silam Kabupaten Bangka berhasil meraih peringkat ketiga dalam penghargaan tersebut.

Pada kesempatan tersebut,Bupati Bangka, Mulkan SH MH mengatakan penghargaan kali ini merupakan berkat dukungan serta kerja sama dari seluruh pihak. Sehingga nilai-nilai pembangunan daerah dapat tercapai dengan baik, meskipun ditengah masa pandemi covid-19 saat ini.

“Alhamdulillah kita ada peningkatkan prestasi dari tahun kemarin yang hanya menduduki peringkat tiga nasional. Tahun ini kita terbaik nasional dan tugas kita kedepannya untuk mempertahankan prestasi ini,” katanya.

Dikatakannya, dalam melaksanakan pembangunan, Pemerintah Kabupaten Bangka mengedepankan unsur pentahelix. Terdiri atas Pemerintah, Masyarakat, Pengusaha, Akademisi, dan Media Masa dalam membangun daerah sehingga dapat terlaksana dan tepat sasaran.

Sementara itu, Kepala BAPPEDA Bangka Pan Budi Marwoto mengatakan di raihnya penghargaan tersebut akan memberikan dampak terhadap bantuan Dana Insentif Daerah (DID) yang diperoleh Kabupaten Bangka. Sehingga diharapkan dana bantuan tersebut lebih besar dan dimanfaatkan untuk pembangunan daerah.

“Tahun lalu kita terbaik ketiga nasional dan mendapatkan DID tambahan sebesar sembilan milyar. Jadi tahun ini kemungkinan akan meningkat dengan diraihnya terbaik pertama tingkat nasional,” katanya.

Selain mengumumkan PPD Kabupaten terbaik se nasional, musrembangnas tersebut juga mengumumkan PPD Kota serta Provinsi terbaik tingkat nasional.
Berikut daftar pemenang PPD sesuai dengan kategori penilaian.

Kabupaten Terbaik pertama yakni Kabupaten Bangka, Banggai dan Hulu Sungai Selatan. Dan Kota terbaik pertama yakni Semarang, Padang dan Bandung. Sedangkan Provinsi terbaik pertama yakni Sumatera Barat, Jawa Barat dan Bengkulu. (ADV/Kominfotik Bangka/Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *