Cuaca Bersahabat, Hasil Tangkap Nelayan Bangka Cukup Memuaskan

by
Tampak perahu nelayan parkir di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat, Kabupaten Bangka, Selasa (20/10)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Kebahagiaan saat ini tengah dirasakan para nelayan Sungailiat dan sekitarnya. Hal ini menyusul akan melimpahnya hasil tangkapan ikan dalam beberapa hari pekan terakhir.

Salah satu nelayan Sungailiat, Kandar mengatakan melimpahnya hasil tangkapan ikan nelayan saat ini terjadi lantaran cuaca perairan laut Kabupaten Bangka dalam kondisi yang bersahabat.

“Alhamdulillah hasil tangkapan Kami dan para nelayan lainnya cukup lumayan. Diprediksi mencapai 3 ton lebih terdiri dari ikan Laisi, Ciu dan ikan-ikan lainnya,” katanya saat diwawancarai sejumlah Wartawan di Pelabuhan Perikanan Sungailiat, Selasa (20/10).

Dengan melimpahnya hasil tangkapan, Kandar berharap para nelayan dapat memanfaatkan rejeki yang didapat mengingat sebentar lagi akan memasuki musim utara. Dimana musim Utara tersebut kondisi perairan laut Bangka diprediksikan dalam kondisi yang ekstrim.

“Kemungkinan diprediksi pada bulan 11 hingga 12 nanti cuaca perairan laut kurang bersahabat yang disebut angin Utara. Biasanya pada bulan tersebut, Kami akan menepi dahulu dan jika cuaca sudah mulai membaik, barulah melanjutkan melaut lagi,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk hasil tangkapannya dijual kepada tengkulak berkisar Rp 8 ribu sampai 9 ribu per kilogram. Dan terkait akses keluar masuk (muara) para nelayan setempat yang hendak melaut, sejauh ini berjalan normal tanpa kendala mengingat alur muara Air Kantung tidak mengalami pendangkalan.

“Syukurlah akses keluar masuk (muara) saat ini lancar tanpa kendala. Begitu pula kondisi cuaca dilaut saat ini cukup bersahabat,” tukas salah satu warga Nelayan 1 Sungailiat ini. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *