Cegah Penyebaran Covid-19, Dinkes Pangkalpinang Bagikan Puluhan Ribu Masker

by

PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membagikan puluhan ribu masker kepada masyarakat melalui Rt/Rw setempat untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kota itu.

“Kita juga sudah melakukan pengadaan masker lagi sebanyak 2.500 kotak masker bedah dan 10 ribu masker kain yang akan didistribusikan langsung ke sasaran seperti RT maupun RW,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Masagus Hakim.

Ia mengatakan, dengan meningkatnya angka kasus positif Covid-19 di ibu kota Provinsi Babel ini, persediaan Alat Pelindung Diri atau APD masih dalam kondisi cukup. Namun yang perlu diperhatikan adalah tingkat kesadaran masyarakat terhadap pelaksanaan 3 M yakni Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan Menjaga jarak.

“Persediaan APD Insyaallah sampai sekarang kita masih cukup dan tidak mengkhawatirkan. Tetapi yang masih perlu ditingkatkan yakni kesadaran masyarakat terhadap pelaksanaan 3M itu sendiri,” ujarnya.

Selain itu, untuk mencegah penyebaran Covid-19, pihaknya juga akan melakukan melakukan tes Covid-19 rutin mulai kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang.

“Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 dari klaster Dinas Luar atau DL. Kami akan mengabdikan pemeriksaan mulai hari ini 1 Oktober. Kita akan melakukan tes kepada para ASN, TNI-Polri ataupun ASN vertikal apabila pulang dari perjalanan dinas. Kita lakukan pemeriksaan baik itu rapid tes maupun swab tes,” katanya.(tmh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *