Bupati Bangka Harap Duta Genre Berikan Edukasi Pendewasaan Terhadap Pernikahan Dini

by
Tampak Bupati Bangka,Mulkan SH,MH memberikan piagam penghargaan kepada ketua Duta Genre 2019 digedung Dharma Wanita Sungailiat,Kabupaten Bangka, Rabu (12/08)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Bupati Bangka, Mulkan SH,MH berharap Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Bangka untuk memberikan suatu edukasi dan pemahaman pendewasaan pernikahan dini terhadap masyarakat, terutama pada Anak-anak beranjak dewasa.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bangka, Mulkan SH,MH saat membuka pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) tahun 2020 berlangsung digedung Dharma Wanita Sungailiat, Kabupaten Bangka, Rabu (12/08).

Dikatakannya, kegiatan pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) yang diselengarakan DP2KBP3A Bangka ini bertujuan untuk membantu menyosialisasikan kepada masyarakat terhadap keluarga berencana program dari Bkkbn.

“Karena duta itu merupakan utusan atau mewakili perpanjangan tangan Pemerintah. Dimana nantinya para duta tersebut akan turun ke lapangan untuk memberikan suatu edukasi atau pemahaman kepada masyarakat terhadap pendewasaan pernikahan dini,” katanya

Selain itu, duta Genre ini nantinya akan mendorong dan memberikan pemahaman kepada masyarakat menyangkut daripada pernikahan dini serta bahaya akan narkotika. Seperti duta anak memberikan pemahaman kepada anak-anak, duta pariwisata untuk mempromosikan wisata dan sebagainya.

“Dengan pemberian edukasi tersebut, supaya para remaja tidak sampai terjadi pernikahan dini, dimana Anak tersebut belum lah sampai pada siklus kedewasaan nya. Dan adanya pernikahan dini tersebut nantinya akan menambah angka perceraian meningkat,” ujurnya.

Lebih lanjut, terpilih tidak terpilihnya sebagai duta Genre 2020 ini merupakan tugas Kita bersama untuk memberikan edukasi dan pemahaman tentang pernikahan dini kepada masyarakat, terutama anak-anak yang beranjak dewasa.

“Semoga dengan kegiatan Genre (Generasi Berencana) ini dapat memberikan pencerahan bagi Kita semua,terutama pada anak-anak. Marilah Kita bersama-sama memberikan suatu edukasi dan pemahaman pada masyarakat, terutama pendewasaan terhadap pernikahan dini,” harap Bupati Mulkan.

Sementara itu, Kepala DP2KBP3A, Nurita menyampaikan pemilihan Duta Genre tahun 2020 ini ada dua jalur,diantaranya jalur pendidikan dan jalur kemasyarakatan. Peserta duta Genre ini terdiri 22 orang dari instutisi oendidikan dan 15 orang dari instutisi masyarakat.

“Jalur peserta pendidikan merupakan perwakilan dari remaja yang berada disuatu sekolah ataupun universitas. Dan jalur kemasyarakatan merupakan perwakilan dari remaja dilingkungan masyarakat,” katanya.

Dikatakannya, pemilihan duta Genre tersebut bertujuan meningkatkan kegiatan sosialisasi dan promosi program Bkkbn serta mengembangkan citra prospektif program Genre melalui figur duta Genre.

“Hasil terpilihnya duta Genre tahun 2020 akan menjadi contoh teladan guna meningkatkan sosialisasi program Bkkbn, meningkatkan dukungan pemangku kepentingan dan mitra kerja,” ujar Nurita. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *