Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Laut, Satpolair Polres Bangka Imbau Para Nelayan Berhati-Hati

By Demokrasibabel 06 Jan 2020, 19:12:13 WIBHukum

Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Laut, Satpolair Polres Bangka Imbau Para Nelayan Berhati-Hati

Keterangan Gambar : Kasatpolair Polres Bangka, AKP Elpiadi


SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM - Berkaitan potensi peningkatan tingginya gelombang diperairan laut Indonesia yang dikeluarkan BMKG,Satpolair Polres Bangka menghimbau kepada para nelayan dan masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka untuk lebih berhati-hati dan waspada.  

"Tentunya kepada masyarakat,khususnya para nelayan yang beraktifitas diperairan laut Kabupaten Bangka untuk senantiasa lebih berhati-hati dan waspada dengan cuaca yang ekstrim dan gelombang laut diperairan laut Bangka," kata Kapolres Bangka melalui Kasatpolair, AKP Elpiadi saat diwawancarai sejumlah Wartawan diperkarangan Satpolair Polres Bangka, Senin (06/01).

Ia mengatakan, jika para nelayan mengharuskan berpergian untuk melaut,tentunya dapat mempertimbangkan faktor-faktor kelayakan dari sarana dan prasarana yang ada.

"Seperti dilengkapi dengan peralatan yang cukup memadai dan memperhitungkan volume pada Kapal ataupun Perahu nya. Kalau kapal atau perahu nya kecil,tentunya tidaklah layak melakukan pelayaran,apalagi difaktor cuaca gelombang yang tinggi ," ujarnya.

Selain itu, Para nelayan juga dapat berperan aktif untuk mengetahui tentang update perkiraan cuaca yang disampaikan pihak BMKG sebelum melakukan aktivitasnya diperairan laut.

"Jadi janganlah memaksakan diri untuk melakukan aktifitas diperairan laut,kalau sarana dan prasarana,seperti peralatan dan alat komunikasinya tidak memadai dicuaca yang ekstrim ini," harapnya.

Elpiadi juga menghimbau Khusus untuk para penikmat wisata agar dapat menghindari aktifitas mandi dipantai. Karena gelombang tinggi yang cukup ekstrim ini mengkhawatirkan bagi keselamatan.

"Jika pun hendak melakukanya, haruslah memiliki kemampuan untuk berenang dan dilengkapi alat keselamatan berupa life jacket, pelampung,serta pengawasan yang memadai," imbaunya. (Suyanto)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment