Satpol PP Bangka Pantau Pertambangan Timah di Kawasan Industri Jelitik

By Demokrasibabel 14 Okt 2019, 18:40:39 WIBBangka

Satpol PP Bangka Pantau Pertambangan Timah di Kawasan Industri Jelitik

Keterangan Gambar : Lokasi pertambangan timah milik CV BMM dikawasan industri Jelitik Sungailiat


SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM - Setelah selesai mendatangi lokasi pertambangan pasir, tim Satpol PP Kabupaten Bangka langsung memantau lokasi pertambangan timah milik CV BMM yang sudah beraktivitas mengarah ke jalan raya di kawasan Industri Jelitik, Kelurahan Jelitik, Kecamatan Sungailiat, Senin (14/10).

Kasat Pol PP Kabupaten Bangka melalui Kabid Penegakan Perda, Achmad Suherman mengatakan pertambangan yang diizinkan PT Timah Tbk, dipersilahkan beraktivitas, tetapi kalau sudah masuk kawasan industri yang sudah dibebaskan pemerintah daerah, itu berbeda.

"Seharusnya, wilayah yang sudah masuk kawasan industri itu tidak boleh lagi ditambang. Kalaupun itu diperbolehkan haruslah seizin Pemerintah Daerah," ujarnya.

Ia mengatakan, secara tampak penambang timah sepertinya mempunyai izin oleh PT Timah Tbk, namun hal itu akan dilakukan pengecekan lebih lanjut.

"Kalau penambang sudah melewati batas dan masuk area kawasan industri, maka haruslah dipertanyakan perizinanya sampai dimana," katanya.

Dikatakannya, jika aktivitas tambang tersebut belum mengantongi surat izin dari PT Timah Tbk, maka pihak perusahaan harus bertanggung jawab. Karena PT Timah Tbk yang mengizinkan aktivitas tambang, apalagi dilokasi ini terpampang jelas dengan plang PT Timah Tbk.

"Kalau pun PT Timah telah mencabut izinnya, tentu pihak PT harus memberi pemberitahuan kepada pemerintah daerah," katanya.

Menurutnya kalau pertambangan timah sudah berada di lokasi kawasan industri, tentunya pihak pertambangan apapun tidak diperbolehkan lagi untuk melakukan pertambangan.

"Karena dalam kawasan industri itu adanya kegiatan pabrik dan sebagainya, apalagi pertambangan timah itu berskala besar," ujarnya. (Suyanto)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. stamper 15 Okt 2019, 13:47:43 WIB

    kalau bisa di pantau juga pak, peralatan yang digunakan apakah layak pakai dan aman digunakan, banyak peralatan konstruksi yang dibutuhkan pengecekan agar aman digunakan seperti mesin stamper, baby roller, jack hammer, peralatan safety seperti helm dan sepatu safety agar para pekerja dapat bekerja dengan aman

View all comments

Write a comment