Peringatan GNPDAS 2019, KTH Panca Indah Lestari Desa Bukit Layang Juara Pertama di Tingkat Provinsi

By Demokrasibabel 30 Nov 2019, 11:47:51 WIBBangka

Peringatan GNPDAS 2019, KTH Panca Indah Lestari Desa Bukit Layang Juara Pertama di Tingkat Provinsi

Keterangan Gambar : Peringati Hari GN PDAS tahun 2019, Kelompok Tani Hutan " Panca Indah Lestari" Desa Bukit Layang meraih juara pertama ditingkat Provinsi Babel,penyerahan hadiah oleh Gubernur Babel di HKM Takari Desa Rebo Sungailiat, Sabtu (30/11)


SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM - Dalam rangka peringatan Hari Gerakan Nasional Pemulihan Aliran Daerah Sungai (GNPDAS) tahun 2019 melalui kegiatan kaji terap usaha Kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKM), Kelompok Tani Hutan (KTH) Panca Indah Lestari Dusun Sidomulyo,Desa Bukit Layang,Kecamatan Bakam,Kabupaten Bangka mendapatkan juara pertama (1) ditingkat Provinsi Babel.

Pemberian hadiah para juara diberikan langsung oleh Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan saat menghadiri acara peringatan Hari GNPDAS 2019 di HKM Takari,Pantai Takari Desa Rebo,Kecamatan Sungailiat,Kabupaten Bangka, Sabtu (30/11).

Disamping itu juga, Gubernur Babel memberikan hak paten dalam pembuatan pupuk kompos berikut membantu dalam pemasarannya kepada Kelompok Tani Hutan "Panca Indah Lestari" Dusun Sidomulyo ,Desa Bukit Layang,Kecamatan Bakam,Kabupaten Bangka.

Dikesempatan tersebut, Kepala Desa (Kades) Bukit Layang, Andry menyampaikan bahwa Kelompok KTH Panca Indah Lestari berdiri sejak tahun 2015 yang lalu. Yang mana usaha kelompok itu menanam kayu dan membuat pupuk kompos.

"Seperti menanam kayu Mahoni, Karet, Cempedak, Durian dan kayu Belangiran," katanya.

Dikatakanya,untuk pembuatan pupuk kompos,banyaknya kendala yang sering dihadapi, karena masih kurangnya masyarakat untuk menjaga hutan agar tetap lestari.

"Selain itu juga,tidak adanya support dari pihak ketiga dalam pemasaran pupuk. Sehingga perlunya support alat yang modern untuk keberlangsungan pembuatan pupuk,seperti adanya mesin pencacah dan pembuatan hak paten," ujarnya.

Ia berharap masyarakat dapat lebih menjaga dan mencintai lingkungan, terutama kelestarian hutan.

"Selalu mensupport hal-hal yang baik dalam bersentuhan langsung dengan masyarakat. Semoga seluruh stack holder terkait dapat sesering mungkin melakukan sosialisasi,pembinaan, kunjungan kerja dan membantu dalam segala aspek," harap Andry. (Suyanto)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment