Mencatat Indonesia Maju, Pemkab Bangka Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Di Kafe Secangkir Cerita

By Demokrasibabel 15 Feb 2020, 16:39:24 WIBBangka

Mencatat Indonesia Maju, Pemkab Bangka Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Di Kafe Secangkir Cerita

Keterangan Gambar : Pemkab Bangka sosialisasikan sensus penduduk tahun 2020, berlangsung di Kafe Secangkir Cerita Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (15/02)


SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM - Dalam rangka menuju satu data untuk Indonesia maju,Pemerintah Kabupaten Bangka menggelar sosialisasi Sensus Kependudukan tahun 2020 yang berlangsung dikafe Secangkir Cerita,Kecamatan Sungailiat,Kabupaten Bangka, Sabtu (15/02).

"Sensus penduduk sangatlah penting, karena dengan pendataan kependudukkan,terutama diwilayah Kabupaten Bangka ini haruslah akurat. Seperti ada kependudukan yang sebelumnya telah meninggal dunia,tetapi masih juga terdata di Dinas Penduduk Catatan Sipil Bangka," katanya saat diwawancarai sejumlah Wartawan di Kafe Secangkir Cerita, Sabtu (15/02).

Dikatakanya, penduduk yang sudah meninggal dunia dan masih terdata itu dapat terjadinya kesalahpahaman. Tertama saat menjelang adanya pesta Demokrasi Indonesia baik itu pemilihan Legislatif, DPRD Kabupaten, Provinsi, Kota bahkan Pilpres.

"Kadang-kadang data tidak valid dari data-data kependudukan," ujarnya.

Dijelaskannya, sensus penduduk ini merupakan salah satu langkah Pemerintah Pusat,terutama kedepan data-data baru kependudukan melalui sensus ini dapat lebih akurat dan falid. Sehingga tidak ada lagi yang terjadi tumpang tindih ataupun curat marutnya.

"Melalui sensus penduduk sistem online ini dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat dan Pemerintah yang sangat efektif dan efisien dalam mengunakan anggaran. Karena kalau secara manual itu mengunakan dana yang cukup besar tentunya," jelasnya.

Selain itu, sensus penduduk ini juga berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi, sehingga perekonomian juga dapat lebih akurat, terbuka dan transparan. Dengan sensus ini, pastilah akan kelihatan dan akan menjadi perhatian Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah dalam dana-dana transferan di Pemkab Bangka.

"Dengan sensus penduduk sistem online ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Daerah. Jadi segeralah untuk melakukan pendataan sensus penduduk ditahun 2020 ini, jangan sampai nantinya menyalahi Pemerintah dengan ketidak terdatanya penduduk di Indonesia," pungkas Bupati Mulkan.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Bangka, Dewi Safitri mengatakan sensus penduduk tahun 2020 dilaksanakan diseluruh wilayah Negara Indonesia termasuk perlatih RI yang ada di Luar Negeri, seluruh WNI dan WNA yang telah ataupun menetap tinggal minimal selama 1 tahun di Indonesia akan didatakan

"Sensus penduduk kali ini mengunakan metode kombinasi dengan cara mengambil data dari Dinas Penduduk Catatan Sipil sebagai dasar untuk menghasilkan satu data kependudukan. Untuk mengakses sensus penduduk sistem online sudah dimulai pada 15 Februari sampai 31 Maret 2020 mendatang," katanya saat memberi kata sambutan dikafe Secangkir Cerita, Sabtu (15/02).

Dikatakannya, bagi masyarakat yang belum mengikuti atau belum mendata pada sensus penduduk sistem online,maka akan terlihat pada daftar pemilih. Petugas sensus akan mendatangi kediaman masyarakat untuk dilakukan wawancara secara door to door pada bulan Juli 2020 mendatang.

"Sebagian wilayah, petugas sensus akan mengunakan HP android dan sebagian lainnya mengunakan pengisian formulir kertas," ujarnya.

Ia berharap masyarakat dapat menyiapkan No NIK, No KK, No Akte Nikah untuk mengisi pertanyaan dalam sensus sistem online ini. Semoga dapat terindifikasi sebagai sensus kependudukan tahun 2020. Karena pendataan sensus penduduk ini hanya 10 tahun sekali.

"Untuk mengisi ataupun mendata sensus penduduk sistem online dapat dilakukan kapan saja dalam waktu apapun. Gunakan HP,catat diri anda secara mandiri di Sensus.bps.go.id sekarang juga," tandasnya. (Suyanto)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment