Kapolres Bangka Barat Imbau Masyarakat Tidak Bakar Hutan dan Lahan

By Demokrasibabel 23 Sep 2019, 17:23:37 WIBBangka Barat

Kapolres Bangka Barat Imbau Masyarakat Tidak Bakar Hutan dan Lahan

Keterangan Gambar :


MUNTOK, DEMOKRASIBABEL.COM - Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan A.S, S.H. S.IK, menyampaikan himbauan cegah, larangan kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kepada warga serta sanksi hukumnya, Minggu (22/9/2019).

Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan A.S, S.H. S.IK mengungkapkan bahwasanya wilayah Kabupaten Bangka Barat sudah menghadapi musim kemarau yang bermula Dari bulan agustus sampai saat ini, Potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sangatlah besar.

"Speradik Jangan Bakar Hutan, Demi masa depan anak cucu kite," imbaunya.

Ia mengatakan, agar kiranya seluruh Polsek yang terdapat kawasan hutan diwilayahnya, tetap melakukan patroli pada saat siang dan malam hari, dan tidak hanya berpatroli tetapi juga melakukan sambang dan sosialisasi bahaya dan dampak Karhutla.

"Sebagian besar wilayah Bangka Barat merupakan daerah hutan, untuk para Bhabinkamtibmas terus melaksanakan sosialisasi Karhutla kepada warga, bahaya membakar sampah atau membuang puntung rokok sembarangan, sehingga dapat menjadi pemicu kebakaran hutan atau lingkungan," katanya.

Ia berharap warga mengetahui tentang larangan Karhutla dan dampak serta sanksi hukumnya dari Karhutla, Warga juga menyadari dan peduli terhadap Karhutla, serta menyampaikan himbauan tersebut kepada warga lain yang belum mengetahui.

"Pelaku Karhutla dikenakan Pasal 78 Ayat (3) Undang-undang RI Tahun 1999, Tentang Barang siapa dengan sengaja membakar hutan, Di ancam dengan Pidana Penjara paling lama 15 Tahun dan denda maksimal Rp. 5.000.000.000.- (Lima milyar Rupiah)," ujarnya.(Ryan)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment