Jaga Kestabilan Harga Kebutuhan Pokok, Disperindag Babel Gelar Pasar Murah Sembako di Sungailiat

By Demokrasibabel 15 Feb 2020, 15:15:55 WIBBangka

Jaga Kestabilan Harga Kebutuhan Pokok, Disperindag Babel Gelar Pasar Murah Sembako di Sungailiat

Keterangan Gambar : Disperindag Provinsi bekerjasama dengan Disperindag Bangka menggelar Pasar Murah Sembako di Taman Kota Sungailiat,Kabupaten Bangka, Sabtu (15/02)


SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM - Dalam rangka menjaga kestabilan harga barang kebutuhan pokok, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bangka Belitung (Babel) bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka menggelar pasar murah sembako di Taman Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (15/02). 

Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka,Drs.M Daylan Amrie mengatakan kegiatan pasar murah sembako tersebut untuk membantu kebutuhan pokok masyarakat.Supaya stabilitas harga dan stock barang kebutuhan pokok terjamin.

"Bedasarkan laporan kegiatan pasar murah sembako ini ada 6 distributor, 8 komuniti dan sekitar 15 item yang didatangkan dari Pangkal Pinang," katanya.

Dikatakanya,pasar murah sembako tersebut hanya digelar selama satu hari,dari pagi pukul 08:00 wib sampai selesai. Jika ada gejolak untuk kebutuhan pokok belum stabil dengan kondisi yang ada ,maka akan ada penambahan 1 hari lagi.

"Seperti melonjaknya harga bawang putih dan cabai merah,kemudian gula pasir yang lumayan drastis. Ada kemungkinan issu virus corona menjadi pemicu dan pemanfaatan orang-orang untuk mencari keuntungan lebih," ujarnya.

Ia menegaskan, jika ada masyarakat yang mengetahui ada indikasi orang-orang pemanfaat yang menimbun barang kebutuhan itu dapat melaporkanya ke Satgas Pangan Kabupaten maupun Provinsi.

"Jadi pasar murah sembako ini, distributor diminta untuk melaksanakannya. Kegiatan ini diwajibkan kepada para distributor, sebab kalau tidak akan diberikan sangsi ataupun izin distributornya akan dicabutkan. Dengan pasar murah sembako ini dapat diupayahkan agar gejolak pada kebutuhan pokok masyarakat dapat stabil," tandas Daylan Amri.

Sementara itu, Kepala Disperindag Provinsi Babel melalui Kabid Perlindungan Konsumen, Risa Ariani mengatakan melalui pasar murah sembako ini salah satu mengedukasikan  pada masyarakat, terutama kebutuhan pokok dan stock bawang putih itu cukup sekitar dua minggu kedepan.

"Stok bawang putih sekitar 10 ton dan Kesediaan bawang putih tersebut akan datang secara kontinyu," katanya

Ia meminta kepada pelaku usaha seperti distributor,agen dan toko, supaya jangan menimbun barang kebutuhan pokok yang sedang melonjak ini. Karena hal tersebut jika kedapatan akan dikenakan sangsi pidana sampai administrasinya.

"Jadi disaat adanya gejolak/kenaikan harga barang dipasar tidak ada, didalam aturan Kementerian perdagangan bahwa barang stock tidak boleh ditahan lama lebih dari 1 bulan. Tetapi jika harga tinggi/barang langka,itu tidak ada batas dan semua stock harus dikeluarkan," jelasnya.

Dikatakanya, pasar murah sembako selain digelar di Taman Kota Sungailiat ini, juga akan dilaksanakan, Senin (17/02) akan digelar di Tuatunu sebagai pusat Kota. Karena pusat Kota merupakan parameter untuk perdagangan kedalam.

"Dari kemarin (14/02) harga kebutuhan pokok yang melonjak sudah mulai berangsur-angsur turun. Diharapkan pasaran dapat mengikuti dan tidak menyimpan ataupun menimbun stock terlalu lama,karena akan ada sangsi untuk itu,"ujarnya. (Suyanto)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment