Gubernur Babel Awali Kegiatan Pelestarian Alam di Pesisir Pantai Rebo

By Demokrasibabel 27 Sep 2019, 14:01:11 WIBPemprov Babel

Gubernur Babel Awali Kegiatan Pelestarian Alam di Pesisir Pantai Rebo

Keterangan Gambar : Foto bersama Gubernur Babel,Elzaldi Rosman Djohan beserta tim Yayasan IKEBANA,saat menanam pohon bakau di pesisir pantai Rebo,Kecamatan Sungailiat,Kabupaten Bangka, Jumat (27/9)


SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM - Gubernur Bangka Belitung (Babel) awali kegiatan yang diselenggarakan Yayasan Ikatan Keluarga Besar Kenanga (IKEBANA) dalam rangka pelestarian seni budaya dan melestarikan lingkungan alam semesta dikawasan Konservasi Yayasan IKEBANA, pesisir Pantai Rebo,Kecamatan Sungailiat, Jumat (27/9).

Bertemakan "Kami Peduli, Kami Menanam, Kami Merawat Alam (K3A), Mari Bersama-Sama Menjaga Lingkungan". Kegiatan tersebut diawali dan diapresiasi oleh Gubernur Babel dengan pemberian santunan kepada anak yatim, kemudian senam Bedincak bersama dan dilanjutkan dengan penanaman sebanyak 5.000 pohon bakau serta penebaran sebanyak 100 bibit benih kepiting di pesisir Pantai Desa Rebo Sungailiat.

Gubernur Babel, Elzaldi Rosman Djohan menyampaikan kegiatan ini sengaja diprioritaskan kepada anak-anak sekolah, agar termotivasi dan tertanam dalam jiwanya bahwa dengan menanam itu sangatlah penting.

"Seperti dalam penanaman pohon bakau dan pelestarian kehidupan laut yang semata-mata untuk menjadikan lingkungan lebih baik lagi," ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan Yayasan IKEBANA bersama PT Timah Tbk ini, kontinyunitasnya sangat terjaga yang di setiap tahunnya mencapai target-terget.

"Selama tiga tahun Yayasan IKEBANA dan PT Timah Tbk berhasil melestarikan lingkungan hutan lindung pantai bersama KPHP Kotawaringin yang sudah menanam kurang lebih 22 hektar. Selain itu, ditambah dengan pelestarian sekarang ini kurang lebih 5 hektar. Jadi secara keseluruhan mencapai 27 hektar pelestarian hutan lindung pantai yang dicapai," katanya.

Menurutnya dari segi keberhasilan tersebut, berarti jumlah masyarakat yang sadar akan perlunya pelestarian penanaman pohon bakau ini terus bertambah dan meningkat.

"Kegiatan ini bukan saja hanya menanam, tetapi disepanjang pantai Rebo ini sudah dialihkan kepada masyarakat untuk dipeliharakan dan dijaga. Tentunya merawat dan memeliharanya sesuai dengan aturan," katanya.

Lebih lanjut, kegiatan pelestarian yang diselengarakan Yayasan IKEBANA ini, merupakan suatu bukti positif. Apalagi mereka telah berklaborasi dengan PT PIR untuk bersama-sama memelihara lingkungan pantai ini. Yang mana notabane PT PIR ini juga merupakan komunitas masyarakat. (Suyanto)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment