Cari Ilmu Tingkatkan Potensi Desa, Bumdes Bukit Layang Kunker Ke Parit Tiga Bangka Barat

By Demokrasibabel 13 Des 2019, 10:36:09 WIBBangka

Cari Ilmu Tingkatkan Potensi Desa, Bumdes Bukit Layang Kunker Ke Parit Tiga Bangka Barat

Keterangan Gambar : Bumdes Bukit Layang,Kecamatan Bakam,Kabupaten Bangka Kunjungan kerja di Kecamatan Parit Tiga,Kabupaten Bangka Barat,Kamis (12/12)


BAKAM, DEMOKRASIBABEL.COM - Guna tingkatkan potensi Desa Dalam rangka pendampingan Bumdes "Karya Bersama", Pemerintahan Desa (Pemdes) Bukit Layang,Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka mengadakan kunjungan kerja (Kunker) ke Poktan Makmur Desa Sekar Biru dan Bumdes Pantai Mandiri Desa Bakit, Kecamatan Parit Tiga,Kabupaten Bangka Barat, kemarin Kamis (12/12).

"Disana banyak pengalaman yang dapat dipelajari atau sharing mulai dari pembuatan pupuk organik,pembuatan pakan ikan,penggemukan sapi dan kambing, tanaman organik,pembudidaya ikan lele,peninjauan resto seafood serta peninjauan keramba apung dan sebagainya," ujar Andry, Kades Bukit Layang kepada Wartawan diruang kerjanya, Jumat (13/12).

Selain itu, dapat melihat kawasan yang terintegrasi mulai dari penggemukan sampai pemanfaatan kotoran menjadi pupuk yang akan digunakan untuk tanaman sayuran serta banyak sekali hal positif dalam pemanfaatan untuk menggali potensi Desa.

"Kita juga dapat memanfaatkan alam yang ada disekitar dengan pupuk yang murah,sehingga dapat menghasilkan tanaman yang sehat dan bergizi," katanya.

Dikatakanya, bekerjasama dengan Bumdes ini diharapkan dapat menggelola potensi Desa menjadi pengerakan ekonomi kerakyatan,sehingga dapat menyerap tenaga kerja lokal dan menambah PAD (Pendapat Asli Desa). 

"Untuk itu perlu dukungan dan support dari Pemerintah dan masyarakat dari hulu sampai hilir dalam mensukseskan program ini," harap Andry.

Disamping itu, tantangan terbesar masih kurangnya keseriusan Pemerintah dalam hal pendampingan,pelatihan dan pemasarannya. Sehingga kurangnya kesadaran masyarakat untuk dapat berpikir agar tidak ketergantungan terus dengan sektor pertambangan dan memanfaatkan kekayaan alam lainnya.

"Terimakasih atas partisipasinya terutama Dinsospemdes Bangka,Camat Parit Tiga (Madarisah),Kades Sekar Biru (Erwin), Kades Bakit (Ahmad Amsyir) serta Direktur Bumdes dan jajarannya.Sehingga kunjungan ini dapat berjalan dengan baik dan terjalinnya silaturahim," kata Kades Bukit Layang, Andry.  (Suyanto)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment