Antisiapasi Penyalahgunaan Solar Bersubsidi, Pemprov Babel keluarkan kartu kendali

By Demokrasibabel 29 Okt 2019, 20:52:34 WIBPemprov Babel

Antisiapasi Penyalahgunaan Solar Bersubsidi, Pemprov Babel keluarkan kartu kendali

Keterangan Gambar : Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman


PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM - Sebagai upaya mengatisipasi penyalahgunaan bahan bakar jenis solar bersubsidi, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam waktu dekat akan mengeluarkan kartu kendali pembelian solar bersubsidi.

"Jadi nantinya setiap orang yang akan membeli solar bersubsidi harus memakai kartu kendali. Kartu ini jenisnya seperti kartu ATM dan nanti isinya ada pembatasan jumlah pembeliannya," kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, sistem kartu kendali ini nantinya akan mendata si pemegang kartu, misalnya untuk sopir truk mendapat jatah sebanyak 70 liter per hari dan hal itu juga berlaku untuk sopir angkutan lainnya.

"Jadi misalnya hari ini sopir truk tersebut sudah mengisi solar sebanyak 70 liter, maka dia tidak bisa lagi mengisi solar pada hari itu juga karena kartu itu secara otomatis menutup untuk membayar. Itulah fungsi kartu kendali tersebut, ada pembatasan pemberlian solar bersubsidi per harinya," katanya.

Menurutnya kartu tersebut akan secepatnya diberlakukan dan surat keputusannya akan ditandatangani pada hari ini juga, serta besok tim akan berkonsultasi terakhir kepada BPH Migas.

"Selanjutnya minggu depan akan kami sosialisasikan sistem penggunakan kartu kendali tersebut selama satu minggu dan minggu berikutnya akan langsung kami berlakukan," ujarnya.

Ia mengatakan, penggunaan kartu kendali tersebut berlaku untuk seluruh SPBU yang ada di Bangka Belitung tanpa terkecuali, sehingga kedepannya tidak ada lagi antrian panjang kendaraan yang akan mengisi solar bersubsidi.

"Kikta lihat saja saat ini, jangankan solar, bensin pun banyak yang mengerit dan dalam waktu setengah jam sudah habis persediaannya di SPBU. Untuk itu, dengan adanya kartu kendali ini, semua kendaraan dapat kebagian mengisi bahan bakar," ujarnya.(tmh)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment