PLN Babel Upayakan Tidak Ada Pemadaman Selama Natal dan tahun Baru

By Demokrasibabel 19 Des 2019, 14:21:27 WIBAdvetorial

 PLN Babel Upayakan Tidak Ada Pemadaman Selama Natal dan tahun Baru

Keterangan Gambar : General Manager PLN UIW Babel, Abdul Mulhlis saat mengecek perlatan dan kendaraan operasional usai apel siaga kesiapan Nataru di PLTU Air Anyir, Kamis (19/12)


PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM - PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung akan mengupayakan tidak ada pemadaman selama perayaan natal dan tahun baru (Nataru) dengan terus menjaga keandalan pasokan listrik di wilayah itu. 

"Kami akan mengupayakan menjaga listrik tetap menyala selama perayaan natal dan tahun baru. Sebenarnya mau ada atau tidak adanya natal dan tahun baru, kami tetap menjaga listrik tetap menyala," kata General Manager PLN UIW Babel, Abdul Mulhlis pada saat apel siaga kesiapan Nataru, Kamis. 

Demi memberi keyakinan kepada masyarakat, hari ini pihaknya menggelar apel pasukan dalam rangka pengamanan suplai listrik selama perayaan natal dan tahun baru.  

"Hari ini kami mengumpulkan petugas, peralatan, maupun kendaraan operasional untuk melihat kesiapannya seperti apa dan kami pastikan semuanya dalam kondisi sangat baik dan dipastikan untuk kegiatan natal dan tahun baru nanti listrik tetap nyala," katanya.

Walaupun semuanya dipastikan dalam kondisi baik, namun pihaknya tidak berani janji jika terjadi pemadaman yang dikarenakan faktor alam yang tidak diinginkan.

"Kita tidak bisa melawan kuasa Allah apabila terjadi musibah, seperti hujan, pohon tumbang dan lainnya. Namun kami akan bekerja maksimal untuk menjaga listrik tetap menyala," katanya.

Ia mengatakan, di musim penghujan petugas selalu melakukan kegiatan rutin seperti pembersihan pohon-pohon yang dekat kabel, namun karena masih banyak jaringan yang tidak terbungkus sehingga kegiatan tersebut perlu dilakukan pemadaman.

"Sebelum masa siaga ini kami sudah melakukan semua itu, tetapi kalau selama periode hujan diharapkan tidak ada pemadaman yang diakibatkan gangguan faktor alam," katanya.

Dikatakannya untuk beban listrik pada perayaan natal diperkirakan masih normal dan beban puncaknya terjadi pada saat perayaan tahun baru.

"Untuk beban puncak pada perayaan tahun baru diperkirakan mencapai 150 MW, tetapi semua itu tidak masalah karena pasokan listrik kita sebesar 189 MW jika kondisi mesin dalam keadaan baik," ujarnya.(tmh)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Harge Kabel Duct 19 Des 2019, 17:37:55 WIB

    Iya sih, kalau bisa memang sebaiknya pemadaman sementara dihentikan dulu, gak kebayang aja kalau ibadah harus terganggu karna padamnya listrik. Tap sebelumnya cek dulu semuanya, jangan sampai ada konsleting arus listrik karna tidak teraturnya kabel-kabel yang digunakan.

View all comments

Write a comment