Bekali Perencanaan Pembangunan Desa, 62 Desa Kabupaten Bangka Ikuti Workshop

by
Foto bersama setelah penyematan kartu peserta workshop secara simbolis oleh Wakil Bupati Bangka di Ballroom Aurora Tanjung Pesona Sungailiat, Kabupaten Bangka, Selasa (15/09)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC APDESI) Kabupaten Bangka menyelengarakan kegiatan workshop bagi aparatur Desa Se-Kabupaten berlangsung di Ballroom Tanjung Pesona Sungailiat, Selasa (15/09).

Kegiatan workshop bagi aparatur Desa Se-Kabupaten Bangka tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bangka, Syahbudin S.IP yang didampingi Wakil DPRD Bangka, Mendra Kurniawan, Waka Polres Bangka, Kompol Faisal Fatsey S.IK dan Kadinpemdes Bangka, Thony Marza.

Kepala Dinas Pemerintah Desa (Kadinpemdes) Kabupaten Bangka, Thony Marza mengatakan kegiatan workshop ini bertujuan untuk mempersiapkan aparatur Desa dalam rangka menjelang RKPDes (Rencana Kerja Pembangunan Desa). Dimana memasuki bulan September ini, kebetulan dalam pembahasan kerja pada pembangunan Desa.

“Sehingga pada kegiatan workshop ini sangat diperlukan untuk membekali aparatur Desa, seperti Kades, BPD dan perangkatnya dapat bersinergi dalam perencanaan pembangunan pada Desa nya. Jangan sampai aparatur Desa itu tidak singkron dalam penyelengara dari proses RKPDes tersebut,” kata Thony.

Dikesempatan yang sama, Ketua Pelaksana kegiatan sekaligus Sekretaris Jendral (Sekjen) APDESI Kabupaten Bangka, Yusni Thamrin mengatakan kegiatan workshop ini tentunya setiap Desa di Kabupaten ini dapat menghimbangisasi pada pembagunan Desa dengan perencanaan yang baik. Dan menjadi tujuan bersama bagi kesejahteraan masyarakat Desa nya.

“Peserta workshop berjumlah 233 orang yang dibagi menjadi dua gelombang. Dimana sebanyak 8 Kecamatan di Kabupaten Bangka terdiri dari 62 Desa. Jadi pada gelombang pertama dari 4 Kecamatan yakni Sungailiat, Pemali, Pudingbesar dan Mendobarat dengan jumlah 118 orang peserta. Dan pada gelombang kedua dari 4 Kecamatan, diantaranya Belinyu, Riausilip, Bakam dan Merawang dengan jumlah 115 orang peserta,” katanya.

Dikatakannya, semua peserta workshop terdiri dari Kepala Desa (Kades), BPD, Perangkat Desa dan peserta dari Kecamatan. Kegiatan workshop ini dimulai pada 15 sampai 19 September 2020. Dimana pada gelombang pertama pada tanggal 15 sampai 17 dan gelombang kedua pada tanggal 17 sampai 19.

“Workshop ini dihadirkan narasumber dari BPKP Provinsi Babel, Kejari Bangka, Polres Bangka, Inspektorat, Bappeda, Dinpemdes dan intansi terkait lainnya,” ujar Yusni Thamrin.(Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *