Baru Saja Kabupaten Bangka Zona Hijau, Kini Satu Orang WNA Positif Covid-19

by
Ilustrasi

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Baru beberapa jam Kabupaten Bangka memasuki zona hijau setelah Saudari NN (59) warga Kecamatan Belinyu dinyatakan sembuh dari covid-19, pagi tadi, Rabu (22/07).

Kini,bedasarkan dari hasil pemeriksaan sample test swab PCR, hari ini, Rabu (22/07) tadi sore Kabupaten Bangka kembali bertambah satu orang Warga Negara Asing (WNA) asal China menunjukan terkonfirmasi positif covid-19.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Siaga Darurat Bencana Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra melalui voice pesan whatsapp, Rabu (22/07) sore.

Dikatakannya, bertambahnya 1 orang terkonfirmasi positif covid-19 tersebut Saudara berinisial ZD (45) berdomisili di Kecamatan Sungailiat. Dan ZD (45) merupakan pasien kategori PDP (Pasien Dalam Pengawasan).

“‘Bedasarkan penyelidikan epidemiologi (PE), ZD (45) melakukan perjalanan di Bangka Belitung (Babel) ini sejak 3 sampai 7 Juli 2020 lalu. Dan Ia (ZD) berstatus transmisi imported case,”katanya.

Selain itu, pasien (ZD) sempat dirawat di RSUD Depati Bahrin Sungailiat dan mulai dikarantinakan diruang isolasi bertekanan negatif pada 21 Juli 2020 malam.

“Jadi dengan penambahan Saudara ZD (45) ini total kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Bangka berjumlah 60 orang dan 59 orang sudah dinyatakan sembuh,” ujarnya.

Dengan demikian,Tim Gugus Tugas covid-19 Kabupaten Bangka dan Dinkes Bangka akan melakukan tracking bagi yang sudah kontak dengan Saudara ZD (45) baik secara langsung maupun tidak langsung. Dan bagi yang sudah kontak akan dilakukan pemeriksaan rapid test maupun test swab nantinya.

“Kemudian BPBD Bangka bersama Tim Gugus Tugas covid-19 Kabupaten Bangka juga akan melakukan penyemprotan disinfektan dengan radius 100 meter dititik yang dianggap tersentuh positif sebelumnya. Baik ditempat kediamanya maupun ditempat kerja nya pasien,” ujar Boy. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *