Bangka Masih Level IV, Anggota Komisi I DPRD Ajak Warga Segera Vaksin

by

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Menindaklanjuti pengumuman Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Koordinator Perekonomian sekaligus Ketua Komisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang sudah mulai terlihat hasilnya, terus berlanjut hingga 5 Oktober 2021.

Perpanjangan masa PPKM tersebut, bersinggungan ketat dengan Pemerintah Kabupaten Bangka dikarenakan khusus di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), satu-satunya daerah yakni Kabupaten Bangka masih berstatus Level IV meski pun angka kasus Covid-19-nya telah menurun.

Menanggapi itu, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bangka, Ruswanto mengajak masyarakat Bangka untuk tidak khawatir akan status Level IV tersebut, sembari terus waspada dalam menjalankan kegiatan dengan prokes ketat. 

Ia meyakini Pemkab Bangka serta pihak terkait terus berupaya menurunkan kasus dan angka kematian Covid-19. Diharapkan juga, tim Satgas dan tenaga kesehatan tidak lengah atau menyerah berjuang memutus mata rantai penularan virus ini. 

Seharusnya, kata Ruswanto bulan ini Kabupaten Bangka sudah turun level. Sebab menurut dia tingkat kematian Covid-19 di Kabupaten Bangka menurut drastis, demikian juga terhadap BOR dan jumlah kasus hariannya.

“Bulan kemaren memang masih Level 4 soalnya di bulan kemaren angka kematian covid tinggi, tapi di bulan ini mestinya turun level angka kematian turun draktis,” ungkapnya kepada wartawan pada Senin, (27/9).

Ruswanto membeberkan, pada bulan Agustus 2021 lalu merupakan puncak tertinggi tingkat kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Bangka. Dari data yang diketahuinya, mencapai ratusan korban jiwa tak tertolong baik karena penyakit penyerta maupun murni Covid-19.

“Di bulan Agustus adalah puncak tertinggi kematian akibat Covid-19 yang mencapai 101 korban jiwa dan bulan ini data terakhir yang saya dapat itu 37 jiwa yang meninggal,” tandasnya. 

Karena itu, Ruswanto mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Bangka untuk berbondong-bondong mengikuti vaksinasi demi kebaikan bersama. Dan menghindari atau mencegah parahnya sakit pasien akibat Covid-19.

“Kita mengajak dan menghimbau kepada seluruh warga Kabupaten Bangka untuk berlomba-lomba ikut vaksin demi kebaikan bersama. Sebab salah satu upaya menurunkan Level IV harus mencegah penularan dan mencegah kematian akibat Covid-19,” kata dia.

Politisi Partai Golkar ini juga memberikan saran kepada pihak Pemerintah Kabupaten Bangka agar serius melakukan vaksinasi. Bahkan bisa langsung jemput bola atau dengan door to door ke rumah warga untuk memperluas jangkauan vaksinasi agar Kabupaten Bangka segera menuju Herd Immunity. (Rilis.MPO-PG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *