Arca Dewa Kwan Tie Miaw Sungailiat Diganti Baru, BPJ Harap Mendatangkan Keberkahan

by
Dirjen Bimas Buddha bersama Dewan Pembina Kelenteng Kwan Tie Miaw Sungailiat saat berdoa, Sabtu (02/12)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Arca Dewa Kwan Tie di Kelenteng Kwan Tie Miaw Sungailiat, Kabupaten Bangka diganti dengan yang baru, Sabtu (02/12/2023).

Wujud rasa syukur atas pergantian Arca Dewa tersebut, Kelenteng Kwan Tie Miau pun melakukan berbagai kegiatan, mulai dari ritual Arca, Tari Sambut Sepintu Sedulang, Tari Barongsai, pemberian cindramata dan pembagian paket sembako.

Ketua Panitia, Rudianto Sandi mengatakan pergantian Arca Dewa ini untuk peremajaan, dimana pada Arca Dewa Kwan Tie sebelumnya sudah dari tahun 2009.

“Jadi pengurus Kelenteng Kwan Tie Miaw menghadap Dewan Pembina untuk pergantian Arca Dewa,” katanya.

Demikian, Dewan Pembina Kelenteng Kwan Tie Miaw Sungailiat, Bambang Patijaya (BPJ) mengapresiasi kerjasama dan dukungan pengurus kelenteng dengan terlaksananya pergantian Arca Dewa ini.

“Ritual pergantian Arca Dewa Kwan Tie ini sudah dimulai pagi tadi dan sebanyak 14 orang Biksu melakukan pemberkahan Arca Dewa. Sore ini pula dilanjutkan dengan pembagian sebanyak 500 paket sembako untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Dengan pergantian Arca Dewa Kwan Tie ini, Bambang Patijaya berharap dapat mendatangkan keberkahan, kebahagiaan dan kesejahteraan bagi kita semua, khususnya masyarakat di Kota Sungailiat ini.

Sementara itu, Dirjen Bimas Buddha, Supriadi mengatakan Arca Dewa Kwan Tie sangatlah penting bagi umat di Kelenteng Kwan Tie Miaw Sungailiat ini.

“Dimana Arca Dewa Kwan Tie memiliki makna tersendiri yang dipercaya sebagai dewa keberanian. Pemujaan Dewa Kwan Tie ditujukan untuk perlindungan dan keberanian dalam menghadapi berbagai tantangan,” katanya.

Disampaikannya, Arca Dewa ini merupakan simbol dan lambang di Kelenteng ini. Pergantian pada Arca Dewa yang baru ini, kemungkinan yang sebelumnya rusak sehingga perlu dilakukan pergantian.

“Dengan pergantian Arca Dewa Kwan Tie yang baru ini, tentunya dapat membawa semangat keberanian dan mewarnai kehidupan manusia yang memujanya,” harap Dirjen Bimas Buddha ini. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.