Anjloknya TBS Sawit, Mulkan Harap Petani Tidak Down, Jangan Pesimis Tetapi Optimis

by
Bupati Bangka, Mulkan SH,MH

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Anjloknya harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit saat ini, Bupati Bangka, Mulkan SH,MH berharap para petani kelapa sawit untuk tidak terlalu down, jangan pesimis tetapi lebih optimis. 

“Karena saat ini kondisi tanki CPO penuh dan belum mendapat kouta pengiriman. Ibaratnya seperti air laut, ada pasang dan ada surut,” katanya saat diwawancarai sejumlah Wartawan di ruang Anggota DPRD Kabupaten Bangka, Kamis (30/06). 

Dikatakannya, penurunan harga TBS sawit berlaku se-Indonesia, bukan saja hanya di Bangka Belitung (Babel). Turunnya suatu harga tersebut adalah hukum pasar. Ketika ada jumlah penawaran lebih banyak daripada permintaan, otomatis harga pun ikut turun. 

“Apalagi sebelumnya sempat ada penyetopan ekspor CPO dan setelah dibuka kembali kran ekspor CPO, otomatis masing-masing menawar dengan kouta yang cukup banyak. Banyaknya penawaran inilah salah satunya menjadi harga turun, karena permintaan lebih kecil,” ujarnya. 

Menurutnya, penurunan harga TBS sawit ini otomatis akan mempengaruhi daripada pendapatan masyarakat, terutama petani sawit. 

“Saat Rakernas melalui Partai, kita sudah menyuarakannya kepada pimpinan tertinggi Partai untuk memperjuangkan harga daripada TBS sawit ini. Mudah-mudahan pertengahan bulan Juli 2022 ini TBS sawit kembali membaik,” tandas Bupati Bangka ini. (Suyanto) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.