Angkat Tema Transisi Energi, 24 Karya Jurnalistik Nasional Raih PLN Journalist Award 2022

by

Jakarta – PT PLN (Persero) menyerahkan penghargaan bagi pemenang PLN Journalist Award 2022 bertema Transisi Energi Dorong Pemanfaatan Energi Ramah Lingkungan. Sebanyak 24 karya jurnalistik terbaik terpilih dari total 1.003 karya yang ikut serta dalam ajang tersebut.

Penghargaan diserahkan langsung Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo kepada para pemenang di PLN Kantor Pusat, Jakarta, Selasa (20/6).

Darmawan mengatakan, apresiasi ini merupakan bukti kekompakan, kebersamaan, dan semangat kekeluargaan yang dibangun antara PLN dan insan jurnalis di seluruh Indonesia.

Menurutnya, selama ini kolaborasi PLN dan awak media terus berjalan, juga banyak membantu perseroan dalam menyampaikan informasi, memberikan edukasi, meluruskan fakta–fakta dalam menyampaikan segala hal terkait ketenagalistrikan pada masyarakat Indonesia.

“Saya begitu mengapresiasi adanya komunikasi antara insan pers dengan PLN. Dengan adanya kolaborasi ini, informasi terkait kerja keras yang dilakukan PLN bisa diterima masyarakat,” ucap Darmawan.

Darmawan menambahkan, dulu, hubungan PLN dengan insan pers masih bersifat satu arah, pasif dan kaku. Namun, dengan perubahan cara pandang proses komunikasi yang dilakukan PLN, terbangun silaturahmi yang kuat dengan jurnalis, serta terjalin hubungan yang bersifat dua arah, interaktif dan cair. 

“Sebelumnya, isu PLN kebanyakan terkait mati lampu, rugi, dan layanan lambat. Banyak informasi positif tenggelam, tak tersampaikan. Kini, melalui kolaborasi yang apik, berbagai informasi positif bermunculan, tersampaikan dengan lugas. Jendela media dipenuhi update informasi mulai dari program transformasi, capaian korporasi, transisi energi, hingga upaya PLN melistriki daerah terpencil,” tutur Darmawan.

Hal ini juga terbukti dengan meningkatnya karya yang mengikuti PLN Journalist Award dari tahun ke tahun. Pada tahun 2020, total karya yang ikut serta hanya 406 karya, meningkat menjadi 1.003 karya pada 2022.

PLN Journalist Award 2022, melibatkan dewan juri yang berkompeten di bidangnya, yakni Direktur Pemberitaan Tempo Budi Setyarso, Direktur Pemberitaan Metro TV Arief Suditomo, Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho, Pemimpin Redaksi CNN Indonesia Titin Rosmasari, Fotografer Senior Oscar Motuloh, dan Chief Photographer at Associated Press Jakarta Bureau Dita Alangkara.

Perwakilan Dewan Juri PLN Journalist Award 2022, Titin Rosmasari mengatakan komitmen PLN untuk melibatkan dan mengikutsertakan juga mengajak kolaborasi media mainstream merupakan sebuah langkah yang penting.

“Saya memberikan highlight kepada PLN. Dengan banyaknya content creator dan lainnya, media mainstream masih relevan menjadi rekan kolaborasi bagi PLN,” Jelas Titin.

Titin juga memberikan apresiasi kepada seluruh insan media atas ketertarikan untuk mengikuti kompetisi dengan tema yang sedang menjadi program PLN.

“Tema yang dibahas memang tema yang menjadi isu yang saat ini sangat penting untuk disosialisasikan. Bagaimana media itu yang meresonansi dan menarasikan kampanye PLN tentu menjadi nilai yang penting, karena apapun kebijakan PLN kalau sebelumnya dengan bahasa yang tidak mudah dipahami masyarakat itu juga tidak produktif. Semoga event ini dapat terus diadakan dengan lebih baik lagi,” pungkas Titin.

Berikut daftar pemenang PLN Journalist Award 2022:

Kategori Hardnews Media Online

  1. Palce Amalo – Media Indonesia
    2 Triyari Kurniawan – Koran Sindo Makassar
  2. Muhammad Basir – Radar Bali

Feature Media Cetak

  1. Maulana Sandijaya – Radar Bali
  2. Muhammad Ridhuan – Kaltim Post
  3. Anton Chrisbiyanto – Koran Sindo

Hardnews Media Online

  1. Stepanus I Nyoman Ary Wahyudi- Bisnis.com
  2. Jumarto Yulianus – Kompas.id
  3. Nurhafi Sucahyo – VOA Indonesia

Feature Media Online

  1. Siti Masudah Isnawati – Suara Merdeka
  2. Muhammad Amin – Riau Pos
  3. Andi Aan Pranata – IDN Times

Hardnews Audiovisual

  1. Stefiani Sirait – MNC TV
  2. Gancar Wicaksono – CNN Indonesia
  3. M Awaludin – Berita Satu TV

Feature Audiovisual
1.Githa Nila Maharkesri – Kompas TV

  1. Fadly – INews TV
  2. Ahmad Faishal Adnan, I Gusti Agung Ayu Novitasari, Satrio Giri Marwanto – Antara TV

Pemenang Foto Essay

  1. Sukirman – Koran Sindo
  2. Iqbal Septian Nugroho – Merdeka.com
  3. Mas Agung Wilis Yudha Baskoro – Jakarta Globe

Pemenang Foto Tunggal

  1. Heru Sri Kumoro – Kompas.id
  2. Idris Prasetiawan – PalopoPos.co.id
  3. Arie Basuki – Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.