Penguatan Ekonomi Digital Melalui Pengembangan “Digital Entrepreneurship”

by -10 Views

Author :

  • Dr Lilis Karnita Soleha, M.Pd
  • Abdul Mutolib
  •  Yassin Krisnanegara
  • Raninta Ika

Dalam era ekonomi maju saat ini, penguatan ekonomi digital menjadi salah satu hal penting yang perlu dititik beratkan dalam usaha memenangkan persaingan global. Berangkat dari hal ini, para mahasiswa dari Universitas Teknologi Digital Bandung memperkenalkan program inovasi masyarakat bertajuk “Penguatan Ekonomi Digital Melalui Pengembangan Digital Entrepreneurship Bagi Pelaku Umkm Di Kecamatan Carenang”.

Program ini berfokus pada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) khususnya yang terletak di Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang – Banten. Inisiatif ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan digital para pelaku UMKM, sehingga mereka dapat berkompetisi di pasar digital yang terus berkembang.

Melalui serangkaian pelatihan dan pendampingan, program ini bertujuan agar para pelaku UMKM mampu memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan bisnis mereka, memperluas jangkauan pasar, serta meningkatkan efisiensi operasional. Selain itu, program ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Kecamatan Carenang.

Beberapa tujuan dari program pelatihan dan pendampingan ini disampaikan oleh Abdul Mutolib, selaku koordinator mahasiswa yang berkunjung dan memberikan langsung pelatihan bagi pegiat UMKM di kecamatan Carenang.

Tujuan yang pertama adalah meningkatkan literasi digital warga, serta memberikan pelatihan dan pendampingan penggunaan teknologi digital bagi warga sekitar dalam melaksanakan bisnis yang selama ini dijalankan. Selain itu, program ini juga dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing produk milik warga lokal ditengah gempuran produk-produk sejenis dalam pasar global.

Dalam pelatihan tersebut, Universitas Digital Indonesia mengirimkan Dr Lilis Karnita Soleha, SE. MM selaku dosen penanggung jawab Dosen dan 3 Mahasiswa yaitu Abdul Mutolib, Yassin Krisnanegara dan Raninta Ika yang bertemu langsung dengan warga, dan memberikan informasi dan pengetahuan praktis mengenai strategi pemasaran digital, penggunaan media sosial, dan optimisasi mesin pencari (SEO).

Dalam pelatihan yang digelar pada tanggal 24 Januari 2023 di ruang serbaguna Kecamatan Carenang, dibahas pula mengenai pelatihan mengenai cara membuat dan mengelola toko online, serta integrasi dengan sistem pembayaran digital.google business dan turunannya. Selain itu, materi tentang cara membuat dan mengelola toko online, e-commerce dan marketplace serta integrasi dengan sistem pembayaran digital juga sangat menarik perhatian partisipan. Tak kurang 60 orang warga pegiat UMKM dari berbagai desa dan kelurahan di Kecamatan Carenang turut hadir dan antusias mengikuti program ini.

Para pelaku UMKM di Kecamatan Carenang sangat antusias dengan peluncuran program ini dan berharap segera merasakan manfaatnya. “Kami sangat terbantu dengan adanya pelatihan dan pendampingan ini. Semoga usaha kami dapat lebih berkembang dan dikenal luas,” kata salah satu pelaku UMKM setempat.

Program pelatihan penguatan Digital Entrepreneurship bagi pelaku UMKM di Kecamatan Carenang diharapkan dapat menjadi tahap awal dalam penguatan literasi digital bagi para pelaku UMKM. Lebih lanjut, program pelatihan dan pendampingan serupa dapat juga diimplementasikan untuk para pelaku UMKM di daerah-daerah lain,  sehingga dampaknya dapat dirasakan lebih menyeluruh.

“Kami berharap warga dan pelaku UMKM di Carenang mendapatkan insight dan masukan yang berguna yang langsung dapat diimplementasikan pada bisnisnya masing-masing. UMKM harus berjaya dan semakin berdampak besar bagi perekonomian di Indonesia,” tutup Abdul Mutolib mengakhiri wawancara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.