Dindikbud Bangka Selatan Buka 8.384 Kuota PPDB 2024/2025

by -1214 Views

Bangka Selatan, Demokrasibabel – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, telah membuka 8.384 kuota untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Selatan, Elfan Rulyadi, menyatakan bahwa kuota tersebut mencakup jenjang pendidikan PAUD, SD, dan SMP. “Kuota PPDB tahun ini sebanyak 8.384 siswa untuk jenjang PAUD, SD, dan SMP,” ujar Elfan di Toboali, Kamis.

Rincian kuota PPDB adalah sebagai berikut:

– PAUD: 1.080 siswa dengan 72 rombongan belajar (rombel) di 14 satuan pendidikan.

– SD: 4.508 siswa dengan 161 rombel di 93 satuan pendidikan.

– SMP: 2.796 siswa dengan 93 rombel di 30 satuan pendidikan.

Elfan menjelaskan bahwa kuota daya tampung dihitung berdasarkan jumlah rombel yang terbentuk, sehingga terdapat peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Jadwal PPDB untuk PAUD akan dimulai pada 24-29 Juni 2024, sementara untuk SD dan SMP dimulai pada 24-28 Juni 2024. “Pendaftaran PPDB PAUD dilakukan secara tatap muka dengan datang langsung ke sekolah yang dituju, sedangkan untuk SD dan SMP dilakukan secara daring melalui laman resmi ppdb.sd.bangkaselatankab.go.id dan ppdbsmp.bangkaselatankab.go.id,” kata Elfan.

Peserta didik dapat memilih jalur pendaftaran penerimaan, yaitu jalur afirmasi, perpindahan orang tua, dan zonasi untuk SD, serta jalur afirmasi, prestasi, perpindahan orang tua, dan zonasi untuk SMP.

Kuota jalur pendaftaran adalah sebagai berikut:

– SD: Zonasi minimal 80%, afirmasi 15%, dan perpindahan orang tua 5%.

– SMP: Zonasi 70%, afirmasi 15%, perpindahan orang tua 5%, dan prestasi 10%.

Persiapan pelaksanaan PPDB terus dilakukan, dan seluruh sekolah telah diberikan sosialisasi terkait pelaksanaannya. “Untuk pendaftaran SD dan SMP, kami telah berkolaborasi dengan Dinas Kominfo agar pelaksanaan PPDB daring dapat berjalan dengan lancar,” tambah Elfan.(Johan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.