Kawal Prokes Covid-19, Ini Yang Diterapkan Gereja Sion Saat Peribadahan Natal

by
Pelaksanaan peribadahan Natal di Gereja (GBI) Sion Sungailiat, Kabupaten Bangka, Jumat (25/12)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Relawan Peduli Bangka (RPB) yang tergabung dalam Tim Satgas Penegakan Disiplin Bangka Belitung (Babel) wilayah Kabupaten Bangka, kali ini mengawal Protokol Kesehatan (Prokes) pada kegiatan pelaksanaan Natal di Gereja Bethel Indonesia (GBI) Sion, Jalan Timah Raya Sungailiat, Kabupaten Bangka, Jumat (25/12).

Sebelum melaksanakan peribadahan Natal tersebut, para jemaat Gereja maupun para tamu yang mengikuti, terlebih dahulu sudah melaksanakan beberapa tahapan Prokes yang dianjurkan.
Seperti mencuci tangan dengan sabun mengunakan air mengalir pada tempat yang sudah disiapkan pihak Gereja sebelumnya.

Kemudian,satu persatu jemaat Gereja yang akan masuk ruangan mengikuti peribadahan Natal dilakukan periksaan suhu tubuhnya saat hendak masuk melalui pintu depan Gereja oleh Tim Relawan Peduli Bangsa (RPB). Dan para jemaat Gereja akan menempati kursi ataupun tatanan tempat duduk didalam ruangan Gereja yang sudah diatur dengan jarak yang sudah ditentukan.

Disamping itu, tidak hanya Relawan Peduli Bangsa (RPB) saja yang mengawal Prokes pada peribadahan Natal di Gereja Sion berlangsung. Akan tetapi turut mendapat pengamanan dari Satgas Covid-19 Bangka,TNI dan Polri.

Kegiatan peribadahan Natal tersebut berjalan aman dan pengawalan Protokol Kesehatan (Prokes) oleh Tim Relawan Peduli Bangsa (RPB) sangat kondusif.

Koordinator Relawan Peduli Bangsa (RPB), Budi Firmansyah mengatakan pelaksanaan Peribadahan Gereja (GBI) Sion Sungailiat ini sudah mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) seperti yang sudah dianjurkan. Apalagi sebelum-sebelumnya dalam Peribadahan Gereja Sion ini juga sudah disosialisasi akan penerapan Prokes Covid-19.

“Jadi pada Natal ini, Kita diminta lagi untuk mengawal Prokes pelaksanaan tersebut, guna menghindari penyebaran covid-19. Seperti penerapan 3M yakni mengunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun mengunakan air mengalir,” katanya saat diwawancarai Demokrasibabel, Sabtu (26/12).

Selain itu,dari pimpinan Gereja (GBI) Sion Sungailiat ini yakni Ibu Olsye Oktavina telah menyampaikan himbauan bagi para jemaat untuk mematuhi Prokes dalam mengikuti ibadah Natal. Dan bagi jemaat yang sudah lansia serta masih anak-anak untuk sementara tidak dianjurkan mengikuti ibadah Natal di Gereja, apalagi yang sedang sakit.

“Nah’ dengan mematuhi Prokes yang sudah dianjurkan Pemerintah ini, tentunya kegiatan peribadahan ini akan menjadi contoh bagi kegiatan serupa lainnya untuk dapat mengantisipasi terjadinya penyebaran covid-19. Karena hanya dengan menerapkan Prokes lah salah satu upaya Kita bersama untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Budi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu akan selalu mematuhi Prokes Covid-19 seperti yang sudah dianjurkan. Apalagi pada saat ini angka terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Bangka terus mengalami peningkatan.

“Jadi marilah Kita patuhi Prokes dengan baik, seperti pengunaan masker ketika beraktivitas keluar rumah, menjaga jarak antar sesama dan selalu mencuci tangan dengan sabun, baik sebelum maupun sesudah beraktivitas. Dan jagalah kesehatan dengan memperkuat imun tubuh dengan sesering mungkin mengkonsumsi makanan yang bervitamin dan bergizi,” tukas Budi.
(Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *