124 Aparatur Desa Se Kabupaten Bangka Ikuti Bimtek Aplikasi Siskeudes Online

by
Bimtek aplikasi siskeudes online bagi aparatur desa se-Kabupaten Bangka tahun 2021 di ruang Aurora Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Kamis (08/07)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Sebanyak 124 dari aparatur desa se-Kabupaten Bangka mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas perangkat desa dalam pengelolaan keuangan desa berbasis aplikasi siskeudes (Sistem Keuangan Desa) online tahun 2021 berlangsung diruang Aurora Hotel Tanjung Pesona, Kelurahan Jelitik Sungailiat, Kamis (08/07). 

Kegiatan tersebut digelarkan oleh Tunas Lembaga Bimbingan dan Peningkatan Potensi Desa (LBP2D) bersama DPC APDESI Kabupaten Bangka. Dan kegiatan bimtek dibuka secara resmi oleh Bupati Bangka, Mulkan SH,MH yang didampingi Ketua APDESI Bangka, Saiful Akhiar, Kadispemdes Bangka, Thony Marza. 

Pada kesempatan tersebut, Ketua panitia pelaksana, Yusni Thamrin mengatakan kegiatan bimtek tersebut diikuti sebanyak 124 orang dari aparatur desa se-Kabupaten Bangka. Dan kegiatan tersebut dilaksanakan dari tanggal 08 Juli sampai pada 10 Juli 2021.

“Kegiatan bimtek ini untuk pengadaan pada percepatan dan kecepatan pada pembangunan di desa. Dimana perkembangan tekhnologi saat ini sangat cepat sekali dan desa tidak ketinggalan dengan daerah lainnya akan tekhnologi jaman,” katanya. 

Dikatakannya, bimtek ini diikuti perangkat desa meliputi Sekretaris Desa (Sekdes) dan Kaur Keuangan Desa. Dan terselengara bimtek bersumber dari anggaran APBDes tahun 2021.

“Peserta diharapkan dapat mengikuti bimtek secara seksama dan serius. Sehingga produk dan pemahaman dapat di plementasikan di desa masing-masing,” harap Kades Karya Makmur, Yusni Thamrin. 

Demikian, Bupati Bangka, Mulkan SH,MH berharap bimtek ini dapat tepat sasaran, berdaya guna terhadap perencanaan pembangunan desa. 

“Dimana perkembangan tekhnologi saat ini, otomatis semua kegiatan harus mengikuti sistem online. Dan sistem online ini akan memberikan suatu kecepatan bagi desa, terutama pada kegiatan maupun pelaporannya,” katanya. 

Selain itu, pengawasan pada sistem online ini sangat cepat, apabila ada suatu kesalahan dan itu dapat langsung dibenahi. 

“Jadi ikutilah bimtek ini dengan serius, sehingga pelaksanaan administrasi pada keuangan desa tepat waktu. Dan percepatan perencanaan pada pembangunan desa itu tepat sasaran,” ujar Bupati Bangka, Mulkan. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemerintah Desa (Kadispemdes) Kabupaten Bangka, Thony Marza mengatakan selama ini perangkat desa menerapkan siskeudes dengan sistem off line. Nah’ dengan sistem online ini, maka setiap pelaksanaan di desa harus di input secara real time maupun on time. 

“Karena tanggal pada sistem online ini tidak dapat dirubahkan. Jadi hari itu dimasukan, maka tanggal itu pula yang akan terekam pada server,” ujarnya. 

Melalui bimtek ini, kita mendidik desa supaya pelaksanaan administrasi keuangan desa itu dapat lebih tepat waktu sesuai dengan sekejulnya. 

“Sistem online ini mempermudah membuat laporan kegiatan desa. Dan mempermudah dalam evaluasi sehingga sistem ini dapat cepat diawasi dan ditindaklanjuti oleh pengawas maupun inspektorat. Pengawas dapat melihat laporan kegiatan daripada transaksi desa disetiap harinya,” kata Kadispemdes Bangka, Thony Marza. (Suyanto). 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.