Penyelundupan Sabu Senilai Rp160 Miliar Asal Myanmar Berhasil Digagalkan Ditresnarkoba Polda Babel

by

PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Kepolisian Daerah Bangka Belitung mengungkap peredaran gelap Narkoba jenis Shabu jaringan internasional memakai jalur transportasi laut, Kamis (30/7).

Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Anang Syarif Hidayat mengatakan, pengungkapan ini merupakan kerjasama Ditresnarkoba Polda Babel yang di backup oleh tim dari direktorat 4 tipidnarkoba Bareskrim Polri sehingga berhasil mengamankan 200 kilogram Narkoba jenis Shabu yang berasal dari Myanmar.

“Pengiriman shabu ini merupakan jaringan Myanmar – Malaysia – Kepulauan Riau – Bangka Belitung – Jakarta melalui jalur laut kemudian diangkut menggunakan Truk yang disamarkan didalam karung berisi Jagung untuk mengelabui pemeriksaan,” katanya.

Ia mengatakan pengungkapan kasus berawal dari informasi dari masyarakat bahwa ada benda mencurigakan didalam karung berwarna hijau berisi jagung yang berada di tempat jasa pengiriman barang antar pulau yang beralamat di Jalan Lontong Pancur, Pangkalpinang.

“Atas info tersebut tim Ditresnarkoba melakukan pemeriksaan secara random beberapa karung yang dicurigai dan menemukan 8 bungkus besar Narkotika jenis Shabu sebanyak 9,13 kilogram pada hari selasa (21/7),” ungkapnya

Lebih lanjut Ia mengatakan berdasarkan pengembangan, barang tersebut rencananya akan dikirim ke alamat penerima yang ada dijakarta, dan berdasarkan informasi yang juga diperoleh bahwasanya telah ada barang berupa jagung yang telah dikirim ke jakarta.

“Setelah berkoordinasi dengan Dirtipidnarkoba Bareskrim, Dir narkoba babel membentuk 3 tim guna melakukan pengungkapan dan berhasil menangkap seorang perempuan SCR (36) serta mengamankan 196 kemasan plastik transparan berisi Shabu yang direkatkan lempengan besi dari 423 karung jagung di salah satu gudang di Taman Mini, Jakarta,” katanya.

“Tim kita juga mengamankan 3 tersangka lainnya yaitu RN als SH, A, dan YD yang merupakan warga Batam, sedangkan KRD masih dalam daftar pencarian orang, yang merupakan sindikat jaringan tersebut,” tambahnya.

Ia mengatakan tim Ditresnarkoba Babel terus melakukan pengembangan dan pendalaman terhadap sindikat jaringan peredaran Narkoba.

“Alhamdulillah setidaknya melalui pengungkapan ini, kita berhasil menyelamatkan lebih kurang satu juta jiwa bangsa ini,” katanya.

Sementara itu, barang bukti yang diamankan yaitu 196 plastik shabu, 423 karung jagung atau 20 ton jagung, 1 unit mobil Xenia putih nopol B 1107, 1 unit mobil Granmax silver nopol D 1321 AAS, 1 buah metal detector, dan 3 buah pisau cutter.(Rian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *