Peringati HANI, Desa Bukit Layang Terima Penghargaan Desa Bersinar

by
Tampak Kepala Desa Bukit Layang, Andry (kanan) menerima plakat Desa Besinar dari Brigjen Pol Drs. Nanang Hadiyanto (kiri) dikantor BNNK Bangka, Senin (29/06)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bangka memberikan penghargaan Desa Bersinar yang diteruskan dari BNN Provinsi Babel kepada Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam atas ditetapkannya desa tersebut sebagai Desa Bersih dari Narkoba (Bersinar).

Dalam kesempatan itu, secara langsung Brigjen Pol Drs. Nanang Hadiyanto menyerahkan penghargaan berupa plakat dan piagam kepada Kades Bukit Layang, Andry dan ia pun mengapresiasikan apa yang telah menjadi keberhasilan dalam pencapaian sebagai desa Bersinar tersebut.

Penghargaan desa Bersinar berupa plakat dan piagam tersebut secara simbolis diserahkan oleh Brigjen Pol Drs. Nanang Hadiyanto didampingi Kepala BNNK Bangka, Eka Agustina kepada Kepala Desa Bukit Layang, Andry dikantor BNNK Bangka, Senin (29/06).

Menurut Kepala Kantor BNNK Bangka, Eka Agustina, penyerahan penghargaan desa bersinar kepada Desa Bukit Layang dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba (HANI) 2020.

“Karena Desa Bukit Layang merupakan satu dari dua Desa yang ditetapkan sebagai Desa bersih dari narkoba (Bersinar) dimana predikat tersebut merupakan buah dari hasil kerja keras masyarakat maupun perangkat desa yang terang-terangan berjibaku melawan narkoba di lingkungan desa,” katanya

Selain itu, Desa Bukit layang sendiri di bentuk sebagai desa bersinar atas inisasi Andry selaku kepala desa serta bekerja sama dan di bina oleh BNN Kabupaten Bangka. Dan proses demi proses di lalui oleh pemdes di bantu oleh masyarakat lewat sejumlah kegiatan positif yang di laksanakan sehingga berhasil menekan angka penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Bukit Layang.

“Beberapa terobosan pun terus gencar di lakukan, mulai dari jalan sehat, kampanye bebas narkoba, mendirikan gapura Bersinar, hingga pelaksanaan tes urine kepada masyarakat maupun perangkat desa. Hal tersebut di lakukan sebagai upaya penerapan desa Bukit Layang yang Bersinar bukan sekedar predikat, namun benar-benar di terapkan,”ungkapnya.

Tak cuma itu saja, beberapa waktu lalu, pemdes setempat bekerja sama dengan BNN Kabupaten Bangka di bantu oleh personil Satpol PP, tokoh masyarakat hingga petugas Bhabinkamtibmas Polri dan Babinsa TNI melakukan giat razia disejumlah tempat yang kerap dijadikan sebagai ajang tongkorongan pemuda setempat.

“Jadi inilah bentuk keseriusan kepala desa dan masyarakat dalam membersihkan desa dari minuman keras, kriminal, hingga narkoba,” ujarnya.

Sementara itu, Atas penghargaan Desa Bersinar yang diraih Bukit Layang, Kades Bukit Layang, Andry mengaku sangat bangga menerima penghargaan yang juga telah beberapa kali telah diterima sebelumnya.

“Ini merupakan buah dari hasil keringat warga kami di Bukit Layang. Desa kami memang agak terpencil, jauh dari hiruk pikuk kota. Namun, dengan segala keterbatasan yang kami miliki tidak mematahkan semangat untuk terus berjuang mempertahankan desa Bukit Layang sebagai desa Bersinar,” katanya.

Menurut Andry, pemdes setempat selalu berkomitmen untuk memerangi peredaran narkotika diwilayah lewat upaya pencegahan sedini mungkin.

“Namun jika kedepannya ditemukan oknum warga yang kedapatan dan terbukti terlibat penyalahgunaan narkotika, pihaknya akan bekerja sama dengan BNN setempat memproses warga yang terlibat sesuai prosedur yang berlaku,” ujar Andry. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *