Laksnakan Ops Patuh Menumbing, Polda Babel Kedepankan Penegakkan Hukum

by

PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM – POLDA kepulauan Bangka Belitung gelar Apel Operasi Patuh menumbing 2020 dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat berkendara demi mewujudkan keselamatan dan ketertiban dalam berlalu lintas, kamis (23/7) Pagi.

Pada pelaksanaan Operasi Patuh Menumbing kali ini, Polda Babel dan jajaran menerjunkan sebanyak 279 personel.

Kapolda Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, selaku pemimpin upacara mengatakan bahwa operasi ini untuk mewujudkan keselamatan terhadap pengguna jalan yang merupakan faktor utama penting didalam berlalu lintas, serta ketertiban berlalu lintas yang merupakan urat nadi kehidupan yang menjadi cermin budaya bangsa serta moderenitas.

Ia mengatakan, data jumlah kecelakaan lalu lintas untuk pelaksanaan Operasi Patuh 2019 di wilayah hukum Polda Babel, sebanyak 391 kejadian atau meningkat sekitar 32,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2018, yakni sebanyak 279 kejadian.

“Tentunya kita berharap pada operasi patuh menumbing kali ini, angka korban kecelakaan akibat pelanggaran ataupun kelalaian dapat menurun dengan mengedepankan sanksi penegakan hukum terhadap pelanggar,” katanya.

Ia menyampaikan pesan kepada seluruh petugas yang terlibat pada Operasi Patuh Menumbing 2020 untuk mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada.

“Hindari tindakan pungli dan lakukan tugas operasi patuh dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat,” katanya.

Operasi Patuh Menumbing 2020 ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari, mulai tanggal 23 Juli hingga 5 Agustus mendatang, dengan memprioritaskan sanksi tegas terhadap pelanggaran, di antaranya pengendara motor yang tidak menggunakan helm standar, pengemudi yang tidak menggunakan safety belt.(rian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *